Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Baterai Wuling Air ev Diklaim Tahan Banting, Aman Saat Terjang Banjir sampai Kebakaran

Harun Rasyid - Senin, 25 Juli 2022 | 18:30 WIB
Mobil listrik Wuling Air ev di acara Wuling Air ev Interior Experience.
Rayhan Haikal/GridOto.com
Mobil listrik Wuling Air ev di acara Wuling Air ev Interior Experience.

GridOto.com - Wuling Air ev kembali dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dalam PEVS 2022 yang digelar 22-31 Juli ini, Wuling Air ev bisa dipesan konsumen dalam masa pre booking-nya hingga awal Agustus mendatang.

Guna menarik minat konsumen, pabrikan asal China tersebut juga menyatakan berbagai keunggulan baterai Wuling Air ev yang menjadi mobil listrik pertamanya di Tanah Air.

Menurut Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko, baterai Wuling Air ev sudah dites ketahanannya dalam berbagai metode pengujian dengan hasil yang memuaskan.

Adapun pengujian tersebut bertujuan untuk memastikan keamanan serta ketahanan baterai dalam berbagai kondisi berkendara.

“Aspek keselamatan tentu menjadi prioritas dalam pengembangan kendaraan listrik, terutama pada komponen baterai dan sistem kelistrikan tegangan tingginya," ujar Danang dalam rilis resmi Wuling Motors, Senin (25/7/2022).

Lebih lanjut, baterai Air ev berjenis lithium iron phosphate (LFP) dinyatakan telah lolos 16 model uji ketahanan pada beragam kondisi dan situasi seperti tes jatuh, rotasi berulang-ulang, kebakaran, rendaman air, benturan, hingga getaran.

Berbagai uji perangkat baterai Air ev ini dilakukan lewat sejumlah skenario, salah satunya yaitu uji ketahanan baterai pada benturan dengan metode tes jatuh dari ketinggian satu meter.

Baca Juga: Ramaikan PEVS, Ini Beda Wuling Air ev Standard Range dan Long Range

Kemudian, dilakukan pula uji kecelakaan dengan percepatan hingga 28G dari satu titik ke titik lainnya dan juga flip test dengan rotasi berulang seperti pada kondisi mobil terbalik. 

Hasilnya, baterai electric mobility berukuran compact ini berhasil melewati berbagai tes tersebut dengan kondisi yang baik, utuh dan masih berfungsi normal.

Berikutnya pada tes kebakaran di suhu tinggi, perangkat ini jugaberhasil dan tidak terjadi ledakan maupun kerusakan lainnya.

Baterai Wuling Air ev
Dok. Wuling Motors
Baterai Wuling Air ev

Kemudian, paket baterai Wuling Air ev juga telah melalui tes rendaman dalam air dengan hasil tanpa kebocoran dan aman sehingga memperoleh sertifikasi IP67.

Hal ini diklaim akan membuat Air ev aman saat kondisi hujan maupun banjir.

Untuk melindungi baterai dari kondisi jalan yang tidak rata, baterai Air ev juga telah lulus uji getaran dengan frekuensi 24Hz selama tiga hari.

Sebagai informasi, Wuling Air ev ditawarkan dengan varian Standard Range dan Long Range yang keduanya memiliki motor listrik bertenaga 30 kW atau sebesar 40,7 dk.

Wuling Air ev Standard Range memiliki beberapa perbedaan dengan Long Range seperti di lampu depan dan belakang.
Rayhan Haikal/GridOto.com
Wuling Air ev Standard Range memiliki beberapa perbedaan dengan Long Range seperti di lampu depan dan belakang.


Tapi untuk baterai varian Standard Range, memiliki kapasitas yang lebih kecil yaitu 18 kWh dengan jarak tempuh sekitar 200 kilometer.

Sementara Air ev varian Long Range dibekali baterai berkapasitas 26,5 kWh yang mampu menjangkau jarak sejauh kurang lebih 300 kilometer.

Untuk pengisian dayanya, Wuling Air ev dapat dicas dengan daya minimal 2.200 watt.

Di wilayah Jakarta, harga Wuling Air ev diperkirakan Rp 250 juta untuk varian Standard Range dan Rp 300 juta pada varian Long Range.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa