Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Mewah Dilarang Beli Pertalite dan Solar, Bamsoet Sebut untuk Bantu Masyarakat yang Membutuhkan

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 13 Juli 2022 | 20:20 WIB
Bambang Soesatyo yang telah meminang dua unit MG 5 GT sekaligus berwarna Light Up Yellow dan Black Knight.
Muslim/GridOto.com
Bambang Soesatyo yang telah meminang dua unit MG 5 GT sekaligus berwarna Light Up Yellow dan Black Knight.

GridOto.com - Pemerintah tengah membatasi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dan Solar untuk mobil mewah.

Hal itu sejalan dengan adanya revisi dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dengan adanya pembatasan BBM subsidi ini, Bambang Soesatyo sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), sekaligus juga menjabat Ketua MPR RI pun angkat bicara.

Menurut pria yang akrab disapa Bamsoet, pembatasan penggunaan BBM subsidi dilakukan agar penyaluran lebih tepat sasaran.

"Pembatasan ini dilakukan agar masyarakat yang membutuhkan, golongan menengah ke bawah,  memang patut diberikan subsidi, dan membatasi orang kaya yang mampu harusnya memakai Pertamax atau yang non-subsidi," ujar Bamsoet disela serah terima pemilik awal MG 5 GT di Jakarta, Rabu (13/07/2022).

Ilustrasi mengisi BBM di SPBU
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Ilustrasi mengisi BBM di SPBU

Sehingga, ia menilai dengan adanya aturan tersebut tidak mengurangi hak masyarakat yang memang harus menerima subsidi, serta lebih tertuju tidak memberatkan keuangan negara.

"Ini bukan soal perlu atau tidak perlu, ini soal kemampuan keuangan negara. Semakin tinggi harga minyak, maka semakin tinggi subsidi oleh pemerintah dan ini memberatkan APBN kita," ucap Bamsoet.

Kendati demikian, terpenting menurutnya pembatasan BBM subsidi tidak boleh memberatkan biaya transportasi masyarakat.

"Yang penting adalah ini tidak boleh menjadi faktor naiknya biaya transportasi masyakarat, karena harga-harga naik akan memberatkan keuangan rumah tangga," pungkasnya.

Baca Juga: Pengguna BBM Subsidi Akan Dibatasi, Ini Solusi Bikin Motor Injeksi Irit Bensin

Seperti diketahui, PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading, sedang melakukan uji coba pembelian BBM subsidi melalui aplikasi MyPertamina mulai 1 Juli 2022 kemarin.

Untuk memastikan penyaluran tepat sasaran, Pertamina melakukan uji coba pembelian Pertalite dan solar bagi pengguna yang sudah terdaftar di dalam sistem MyPertamina.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa