F1 Inggris 2022

Hanya Bisa Finis ke-7, Ini Masalah Mobil yang Dialami Max Verstappen di F1 Inggris 2022

Rezki Alif Pambudi - Senin, 4 Juli 2022 | 16:47 WIB
Max Verstappen mengalami masalah di balapan F1 Inggris 2022
Twitter.com/redbullracing
Max Verstappen mengalami masalah di balapan F1 Inggris 2022

GridOto.com - Sempat tampil bagus di awal balapan, juara F1 2021 Max Verstappen harus kehilangan banyak posisi gara-gara masalah teknis mobil di F1 Inggris 2022.

Setelah melakukan beberapa pertarungan ketat di awal balapan dengan Charles Leclerc dan Carlos Sainz, tiba-tiba Max Verstappen mengeluhkan masalah mobil RB18.

Max Verstappen berpikir terlalu cepat dengan menduga ada kebocoran ban, langsung melakukan pit stop dadakan karena kebetulan sudah dekat pit entry.

Bukannya hilang, masalah tersebut ternyata masih dirasakan Verstappen di mana mobilnya terasa kurang stabil.

Tim Red Bull melakukan analisis cepat dan menduga ada kerusakan bodi yang tak berhubungan dengan mesin ataupun elektronik mobil RB18.

Meski tak mengancam Verstappen untuk menyelesaikan balapan, masalah tersebut membuat laju mobilnya kurang stabil sehingga tak bisa dipakai untuk bertarung dengan pembalap-pembalap top dan akhirnya hanya finis ke-7.

Usai balapan, bos Red Bull Christian Horner pun mengungkap ada kerusakan floor di bagian bawah.

Kerusakan floor ini sangat terasa ke performa RB18 karena konsep ground effect yang diusung mobil F1 generasi baru ini.

Penyebabnya adalah karena adanya puing sisa crash dari kejadian lain yang tak sengaja ditabrak oleh Verstappen sehingga floor-nya rusak.

Baca Juga: Meski Tak Bisa Lanjut Balapan, Aksi George Russell Bantuin Evakuasi Guanyu Zhou di F1 Inggris 2022 Mengundang Pujian

"Dia punya ritme kecepatan bagus hari ini, dia bisa memimpin, mencoba membuat jarak tapi lalu menabrak puing-puing. Itu menimbulkan kerusakan cukup parah di bagian bawah mobil, dia kehilangan setengah downforce dari floor," ujar Horner dilansir GridOto.com dari Sky F1.

Saat memakai ban hard di pertengahan balapan, ketidakstabilan RB18 semakin parah sebelum akhirnya safety car keluar dan Verstappen ganti ke ban soft.

"Kami memasang soft dan dia langsung jadi singa. Aku tak pernah melihatnya bertarung sekeras itu untuk P7 tapi itu tetap berpengaruh ke kejuaraan," jelasnya.

Meski finis ke-7, pembalap asal Belanda ini masih memimpin klasemen dengan keunggulan 34 poin dari sang rekan, Sergio Perez.


Editor : Fendi
Sumber : planetf1.com,SkySports.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa