Resale Value Mobil Bekas Korea Rawan Anjlok Dibanding Jepang, Begini Alasan dan Estimasi Perhitungannya

Naufal Shafly - Rabu, 22 Juni 2022 | 19:56 WIB
Ilustrasi mobil bekas Hyundai Santa Fe Diesel tipe D 2.2 Signature
Trybowo Laksono
Ilustrasi mobil bekas Hyundai Santa Fe Diesel tipe D 2.2 Signature

GridOto.com - Penjualan mobil bekas merek Korea Selatan seperti Hyundai bisa dibilang tak semoncer brand Jepang semisal Honda dan Toyota.

Kurangnya peminat disebut-sebut sebagai salah satu faktor yang membuat harga jual kembali atau resale value mobil bekas Korea Selatan tak sebaik brand Jepang.

Menurut Owner showroom mobil bekas Tira Auto, Ivan Pratama, peminat mobil bekas merek Korea Selatan saat ini memang masih sedikit.

Oleh sebab itu showroomnya jarang menjual mobil bekas merek Korea Selatan seperti Hyundai dan KIA.

"Jujur saya sih jarang main mobil Korea Selatan, karena memang marketnya juga kurang, hanya orang-orang tertentu aja," kata Ivan saat dihubungi GridOto.com, Rabu (6/12/2022).

Ia mengaku lebih nyaman menjual mobil asal Jepang seperti Honda yang harga jual kembalinya relatif stabil dan banyak dicari konsumen

"Kalau jual mobil Jepang, misalnya Honda CR-V turbo, itu istilahnya enak tinggal makan dan tinggal tidur. Kalau pegang mobil Korea Selatan kayak Hyundai misalnya, itu lebih berisiko," ujarnya.

Risiko yang dimaksud di sini adalah harga pasaran yang tidak stabil, dan sering turun drastis secara tiba-tiba.

"Jadi istilahnya kalau jual mobil kan harus pikirin nilai investasinya. Contoh beli dengan harga Rp 100 juta kita jual dengan harga Rp 110 juta. Jangan sampai kita beli Rp 100 juta terus barangnya kelamaan ada di showroom karena susah laku, eh ternyata pasarannya turun jadi tinggal Rp 90 juta," jelasnya.

Baca Juga: Mazda2 Jadi Mobil dengan Depresiasi Harga Paling Rendah di Segmen Small Hatchback


Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa