Proyek Jalan Tol Cisumdawu Terus Dikebut, Kementerian PUPR Targetkan Seksi 2 Selesai Agustus 2022

Muslimin Trisyuliono - Senin, 13 Juni 2022 | 09:45 WIB
Kondisi ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).
PUPR
Kondisi ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

GridOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meninjau progres pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono berpesan agar koordinasi lebih optimal terutama terkait pengawasan teknik atas kondisi lapangan untuk mempercepat penyelesaiaan jalan tol Cisumdawu.

"Pastikan pemadatan jalan dilaksanakan serapih mungkin sesuai spesifikasi dengan memperhatikan drainase serta autograding agar jalan tidak bergelombang," ujar Basuki dalam keterangan tertulis yang dikutip GridOto.com, Senin (13/06/2022).

Adapun pembangunan jalan tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp 5,5 triliun.

Dari enam seksi, untuk seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km sudah operasional 100 persen, dan seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km sedang dikerjakan dengan progres fisik mencapai 90,88 persen.

Kemudian seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), untuk seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka sepanjang 4,05 km konstruksinya telah rampung 100 persen.

Pembangunan seksi 4 Cimalaka-Legok sepanjang 8,20 km konstruksinya sudah 44,76 persen, dan seksi 5 Legok-Ujung Jaya sepanjang 14,9 km progres konstruksinya sebesar 47,28 persen.

Sementara untuk seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan progres konstruksinya sudah 96,16 persen.

"Perhitungan teknis penanganan longsoran yang menjadi kendala Seksi 2 harus ditentukan secara seksama dengan tetap mempertimbangkan second opinion. Bore pile juga diperbanyak agar target fungsional bisa selesai Agustus 2022," jelas Basuki.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Seksi 2 Masih Terkendala Longsor, Penanganannya Sedang Dikaji, Proyeknya Ditargetkan Selesai Agustus 2022

Terakhir, ia juga berpesan agar menambahkan nilai estetika dan lingkungan dengan menanam pohon-pohon besar di sisi jalan tol agar masyarakat merasa nyaman dan senang saat melewati Jalan Tol Cisumdawu.

"Penutup lereng agar didesain menggunakan pola yang berbeda sepanjang Tol Cisumdawu. Namun pada lereng tanah yang tidak memerlukan penutup dapat dilaksanakan penghijauan dengan lebih memerhatikan nilai artistik dan lingkungan misalnya dengan penanaman bunga," pungkasnya.

Hai Sobi, kamu udah punya kendaraan belum?

Kamu tim yang mana?

Kamu pingin nambah kendaraan baru apa?

Kalo beli kendaraan, utamain beli yang mana dulu?

Kamu lebih milih yang mana?

Kalo ada kesempatan buat ikut test drive/ test ride, mau cobain jenis apa?


Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa