Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Luka Bakar Akibat Kena Knalpot Jangan Dioles Odol! Begini Penanganan yang Benar Menurut Dokter

Ruditya Yogi Wardana - Minggu, 5 Juni 2022 | 14:18 WIB
Ilustrasi knalpot motor 2 tak
youtube
Ilustrasi knalpot motor 2 tak

GridOto.com - Sobat GridOto mungkin pernah merasakan bagian kaki atau betisnya tak sengaja terkena knalpot yang panas.

Ketika mengalami kejadian seperti itu, sobat mungkin langsung berpikir untuk mengoles bagian yang mengalami luka bakar dengan pasta gigi atau odol.

Padahal mengoles odol ke bagian yang mengalami luka bakar bukan langkah yang dianjurkan oleh dokter lo.

"Jangan dikasih pasta gigi, karena akan menyebabkan infeksi," jelas dr Tirta Mandira Hudhi, dikutip dari channel Youtube pribadinya Tirta PengPengPeng.

Lebih lanjut dalam jurnal berjudul First Aid for Children's Burns in The US and UK karya C Verity Bennet dkk, disebutkan kalau odol tidak disarankan untuk mengurangi efek dari luka bakar di kulit.

Pasalnya penggunaan odol bisa meningkatkan risiko luka bakar jadi semakin terasa perih.

Bahkan hal ini bisa berisiko menimbulkan beberapa masalah lain pada luka bakar, seperti infeksi, penyakit sistemik atau malah meninggalkan bekas luka yang terlihat jelas.

Supaya risiko tadi tidak terjadi, pria yang akrab disapa dr Tirta tersebut menganjurkan agar luka bakar akibat terkena knalpot dialiri dengan air bersih terlebih dahulu.

Langkah ini dilakukan dengan alasan bagian kulit yang terkena luka bakar mengalami dehidrasi, mengingat airnya menguap karena terkena panas.

"Maka bagian kulit yang menderita luka bakar membutuhkan cairan tambahan, dengan cara mengaliri bagian yang luka dengan air bersih," paparnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa