Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gak Kencang Tapi Bikin Betah, Suzuki Gixxer SF 250 Ternyata Irit Banget, CBR250RR Kalah Jauh

Dimas Pradopo - Selasa, 31 Mei 2022 | 10:00 WIB
Suzuki Gixxer SF 250, punya bobot cukup ringan, cuma 161 kg
Aant/otomotifnet.com
Suzuki Gixxer SF 250, punya bobot cukup ringan, cuma 161 kg

GridOto,com - Suzuki Gixxer SF 250 ini memang unik, hadir di Indonesia pakai mesin 250 cc satu silinder jelas mendapat banyak komentar miring dari netizen karena saat ini, kebanyakan sport 250 cc pakai mesin 2 bahkan ada yang 4 silinder.

Tapi apakah benar-benar kalah telak secara spesifikasi? Tunggu dulu, ternyata  Suzuki Gixxer SF 250 yang mulai dipasarkan akhir 2021 dan masuk Indonesia secara CBU dari India ini masih asyik buat harian.

Selain riding position yang supernyaman dengan suspensi empuk di depan dan belakang, motor ini punya mesin yang karakternya kuat soal kenyamanan saat dikendarai harian atau turing.

Test ride Suzuki Gixxer SF 250
Rizky/otomotifnet.com
Test ride Suzuki Gixxer SF 250

Kalau bicara spesifikasi mesin Gixxer, memang terlihat sangat biasa. 249 cc 4 langkah 1 silinder, SOHC 4 katup, injeksi dengan sistem pendinginan Suzuki Oil Cooling System (SOCS) yang detailnya adalah oil cooler yang memiliki saluran pendingin mirip water jacket di radiator.

Mesin dengan kombinasi diameter piston 76 mm dan langkah 54,9 mm ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 26,2 dk di 7.500 rpm dengan torsi 22,6 Nm di 7.500 rpm.

Tenaga maksimalnya enggak besar kan? Jauh di bawah mesin 250 cc 2 silinder, misal Honda CBR250RR SP yang tembus 40,4 dk.

Mesin Gixxer ini karakternya responsif sejak 3.000 rpm, jadi tak perlu buka gas dalam-dalam sudah ngisi dan laju.

Dan enaknya tiap buka gas untuk menambah kecepatan, misal saat akan menyalip, mesin langsung merespon dengan sigap, tak perlu ada drama lemot atau ngok dulu. Impresinya begitu tentu bikin menyenangkan saat berkendara.

Dan kalau bicara buat harian atau turing, mesinnya rileks banget, cukup main antara 3.000 sampai 6.000 rpm saja.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa