Seken Keren - Enggak Muluk-muluk, Ini Rekomendasi BBM Buat Suzuki Ertiga Generasi Pertama

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 29 Mei 2022 | 11:20 WIB
Suzuki Ertiga
F Yosi/Otomotifnet
Suzuki Ertiga

GridOto.com - Suzuki Ertiga generasi pertama bisa menjadi opsi buat sobat yang ingin mencari mobil keluarga bekas dengan harga relatif terjangkau.

Dari segi harga, Suzuki Ertiga lansiran 2012 sampai 2017 di pasar mobil bekas bisa dipinang mulai Rp 100 jutaan tergantung kondisi masing-masing unit.

Menurut Owner bengkel Mitra Suzuki Hikmah Jaya Motor, Jiki Mulyana, Ertiga generasi pertama masih cukup nyaman dan sangat worth it untuk dibeli tahun ini.

"Suzuki Ertiga cukup nyaman, spare part tergolong masih ramah dikantong untuk yang orisinal, kemudian desain masih oke," ujar Jiki kepada GridOto.com, Kamis (26/05/2022).

"Jadi masih rekomendasi buat dibeli di tahun ini, yang cari Ertiga generasi pertama ini juga masih cukup banyak," sambung pria yang bengkelnya berlokasi di Teluk Pucung, Bekasi Utara ini.

Bagi yang berniat memiliki Suzuki Ertiga bekas, Jiki menekankan agar menggunakan bahan bakar minyak (BBM) sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Sebab dengan penggunaan jenis BBM yang tepat, performa mesin akan optimal dan tidak merusak komponen di dalam mesin.

"Rekomendasi BBM Ertiga lebih baik pakai Pertamax RON 92. Tetapi kalau mau pakai Pertalite aktual di lapangan tidak masalah," jelas Jiki.

Kendati demikian, Jiki memberi catatan bagi yang menggunakan Pertalite untuk rutin dilakukan pembersihan ruang bakar tiap perawatan berkala.

Baca Juga: Seken Keren - Simak Anjuran Perawatan Berkala Suzuki Ertiga Generasi Pertama di Bengkel Spesialis, Mahal atau Murah?

"Karena Pertalite sisa-sisa pembakaran tidak terbakar dengan sempurna, nanti mempercepat kerusakan di katalitik (Catalytic) dan bisa knocking juga," pungkasnya.

Untuk konsumsi BBM Suzuki Ertiga generasi pertama berdasarkan pengetesan tim OTOMOTIF Group, perbandingan versi single blower (SB) dan double blower (DB) tidak ada perbedaan signifikan.

Adapun pemakaian dalam kota, Suzuki Ertiga SB konsumsi BBM rata-ratanya bisa mencapai 13 km per liter, sedangkan pada Ertiga DB mencapai 12,7 km per liter.

Pemakaian luar kotanya malah sedikit lebih irit dibanding versi SB, yakni tembus 16,5 km/liter dibandingkan versi Ertiga SB 16,3 km/liter.  


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa