Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biar Enggak Tekor, Begini Cara Bijak Kelola Keuangan Saat Mudik Pakai Kendaraan Pribadi

Muslimin Trisyuliono - Jumat, 22 April 2022 | 18:30 WIB
Kondisi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek saat periode larangan mudik lebaran 2021.
Dok. Jasa Marga
Kondisi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek saat periode larangan mudik lebaran 2021.

GridOto.com - Setelah dibatasi selama dua tahun terakhir karena pandemi Covid-19, mudik Lebaran 2022 menjadi momen yang dinanti-nanti oleh masyarakat.

Buat sobat yang berencana melakukan mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi, tentunya perlu perencanaan keuangan dengan matang agar dapat berjalan lancar.

Pasalnya saat mudik lebaran biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit mulai dari menjelang mudik, berangkat mudik, hari raya, sampai kembali dari mudik.

Lantas, bagaiamana cara mengelola keuangan ketika sobat memilih mudik pakai kendaraan pribadi?

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), Mike Rini, mengatakan ada potensi yang membuat kantong jebol saat sobat memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi.

"Yang bisa bikin mahal atau murahnya mudik pakai kendaraan pribadi adalah berapa lama Anda di tempat mudik, Lalu semakin jauh jarak akan semakin banyak pengeluaran," ujar Mike kepada GridOto.com, Jumat (22/04/2022).

Maka dari itu, Mike menganjurkan perlu membuat anggaran khusus agar keuangan tidak jebol saat mudik Lebaran dengan memanfaatkan uang THR.

Mulai dari membuat pos pengeluaran untuk transportasi, biaya makan, hingga aktivitas selama di kampung halaman.

"Pertama pos transportasi seperti siapkan kendaraan, uang tunai dan biaya tol, usahakan gaji jangan diutak-atik jadi harus dipisahkan kebutuhan mudik dari THR saja," ucap Mike.

Baca Juga: Berencana Beli Mobil Bekas, Begini Cara Antisipasi Agar Keuangan Tidak Jebol di Kemudian Hari

Sementara untuk pos makan, meski sobat di kampung halaman menginap di rumah keluarga ada baiknya mempersiapkan dana untuk sumbangan makanan dan biaya selama menginap di sana.

Terakhir pos aktivitas selama di kampung halaman, Mike menyarakan sobat harus disiplin dalam pengeluaran ini terutama saat memilih lokasi wisata.

"Mudik pastinya tidak hanya berdiam saja di rumah, tapi juga ke tempat wisata dan harus bayar tiket. Kalau pengeluaran sudah lebih besar dari THR lakukan penghematan, contohnya kurangi waktu selama di kampung halaman," pungkasnya.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa