Biar Enggak Salah Pilih, Begini Pertimbangan Sebelum Gadai atau Jual Kendaraan Untuk Kebutuhan Dana Darurat

Muslimin Trisyuliono - Kamis, 2 Desember 2021 | 11:32 WIB
Ilustrasi mobil bekas
Dok. Otomotif Group
Ilustrasi mobil bekas

GridOto.com - Pandemi Covid-19 membuat sebagian masyarakat di Indonesia menyadari pentingnya mempersiapkan dana darurat.

Hal tersebut perlu diperhatikan karena selama pandemi beberapa orang harus rela pendapatannya berkurang bahkan hilang akibat Covid-19.

Alhasil mereka memiliki pilihan untuk menjual atau gadai aset kendaraan seperti mobil ataupun motor untuk mendapatkan dana darurat.

Lantas lebih baik mana pertimbangannya, menjual atau gadai untuk mempersiapkan dana darurat?

Menurut Mike Rini, Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), gadai kendaraan bisa menjadi sumber dana darurat untuk jangka pendek.

"Jika masih punya penghasilan namun sedang ada pengeluaran besar, tabungan atau dana darurat tidak cukup. Gadai kendaraan bisa jadi jalan keluar jangka pendek," ujar Mike kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Namun perlu diperhatikan sebelum memilih gadai kendaraan yaitu kesanggupan untuk melunasi pinjaman, karena bunganya cukup tinggi.

Caranya dengan batasi jumlah pinjaman sesuai dengan kemampuan membayar cicilan.

Baca Juga: Gadai Mobil di Clipan Finance Duit Bisa Cair Hingga Setengah Miliar, Tawarkan Bunga Rendah dan Asuransi Sampai Rp 50 Juta


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa