Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Enggak Perlu Modal Terlalu Banyak, Satu Unit Stasiun Cas Mobil Listrik EVCuzz Paling Murah Mulai Rp 150 Jutaan

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 20 April 2022 | 07:35 WIB
Ilustrasi pengecasan mobil listrik di SPKLU EVCuzz
EVCuzz
Ilustrasi pengecasan mobil listrik di SPKLU EVCuzz

GridOto.com - Partisipasi sektor swasta dalam mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) terus diupayakan guna mendukung program pemerintah.

Salah satu pemain swasta yang mulai di bisnis penyediaan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yakni EVCuzz di bawah naungan PT Exelly Elektrik Indonesia.

Chief Executire Officer EVCuzz Charging Network, Abdul Rahman Elly, mengatakan, sepanjang 2022 ini pihaknya menargetkan 500 lokasi SPKLU di wilayah Jawa-Bali.

"EVCuzz berkomitmen secara bersama dengan pemerintah menumbuhkembangkan SPKLU secara nasional yang dalam tahun ini menargetkan 500 lokasi Jawa-Bali dan terus bertambah setiap tahunnya hingga melebihi 25.000 lokasi di 2030," ujar Rahman di Jakarta, Selasa (19/04/2022).

Rahman menjelaskan, melalui SPKLU ini EVCuzz ingin memberikan kemudahan bagi pemilik atau pengguna mobil listrik mengisi daya di manapun mereka berkendara.

Adapun layanan SPKLU ini dapat dilakukan self service melalui aplikasi EVCuzz yang bisa diunduh di App Store dan Google Play.

Lebih lanjut, bagi yang tertarik bisnis SPKLU mesin charging hub EVCuzz saat ini terdiri dari 6 model mulai alternate current (AC) 7kW hingga direct current (DC) 150 kW dengan nilai investasi berbeda-beda.

"Range tergantung, yang besar itu DC charging yang masuk kategori rapid dan ultra fast charging bicara 50 kW satu mesin antara Rp 350 juta sampai Rp 500 juta tergantung produsen dari China atau Eropa," ucap Rahman.

Sementara, untuk charging hub kapasitas AC 7kW dan 22 kW nilai investasi berkisar Rp 150 juta sampai Rp 200 juta.

Baca Juga: Fasilitas Mobil Listrik Merambah Daerah, PLN Resmikan SPKLU Pertama di Sumbar

Sekadar informasi, lokasi charging station EVCuzz ada di Survarna Golf halim Jakarta, Sequis Tower Jakarta, Gedung Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, BCA Foresta BSD, Artotel Suites Mangkuluhur, Shila at Sawangan Depok.

Lokasi mendatang di BCA Alam Sutra Tangerang, Bintaro X-Change, FX Sudirman, Atria Hotel gading Serpong, BEZ Plaza Gading Serpong, Fame Hotel Hading Serpong, Apartemen Belleza Permata hijau, Hypermart Cyberpark karawaci, Toserba Sambipitu Yogyakarta, Paragon Mall Semarang, Arrion Swiss-Belhotel Bandung dan akan bertambah di lokasi lain.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa