Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Bebas Ribet dan Tetap Macho, Ini 5 Tips Memilih Produk Perawatan Kulit untuk Pria

Nana Triana - Jumat, 8 April 2022 | 09:36 WIB
Pria butuh perawatan kulit yang simpel dan efektif membersihkan, melembapkan, dan melindunginya.
Dok. Barra
Pria butuh perawatan kulit yang simpel dan efektif membersihkan, melembapkan, dan melindunginya.

GridOto.com - Selama ini, perawatan kulit dan penggunaan skincare identik dengan perempuan. Oleh karena itu, para pria yang merawat kulit kerap mendapat stigma kurang macho dari masyarakat. 

Sebuah survei menunjukkan, 7 dari 10 pria yang memiliki kesadaran tentang pentingnya perawatan kulit tidak hanya untuk menjaga kesehatannya, tetapi punya pengaruh terhadap impresi awal dan kepercayaan diri seseorang. Namun, mereka memilih tidak merawat kulit karena mengaku merawat kulit akan mengurangi maskulinitas.

Dari sudut pandang psikologi, perawatan kulit yang diasosiasikan hanya untuk perempuan adalah stigma yang tercipta dan salah satu bentuk dari toxic masculinity.

Padahal, meski secara biologis ada perbedaan antara kulit pria dengan wanita, keduanya sama-sama membutuhkan perawatan agar kesehatannya tetap terlindungi. Kulit yang sehat punya dampak positif terhadap penampilan seseorang secara menyeluruh.

Dilansir dari situs Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), kulit yang sehat adalah kulit yang dijaga dan dirawat sesuai dengan jenis dan kondisinya. Artinya, tidak hanya perempuan, kulit pria juga perlu perawatan agar tetap sehat dan terlindungi dari masalah kulit. 

Baca Juga: Wajib Tahu Nih Waktu yang Tepat Menyalakan Lampu Kabut Saat Berkendara

Pasalnya, pria juga dapat mengalami beragam masalah kulit yang disebabkan paparan debu, jamur, sinar matahari, faktor hormonal, genetik, dan psikologis. 

Tak hanya stigma, meski kini sudah banyak pria sadar dan peduli dengan penampilan, tetapi tak sedikit juga yang beranggapan bahwa perawatan kulit merupakan aktivitas yang cukup merepotkan dan membutuhkan biaya besar.

Kekhawatiran potensi munculnya efek samping dari produk perawatan, seperti bruntusan, berjerawat, dan sensasi kulit tertarik, juga membuat kaum pria urung merawat wajah. Faktanya, pemilihan produk skincare yang tepat tidak akan menimbulkan efek samping. 

Menariknya, saat ditanya apakah mereka berencana untuk merawat kulit di masa mendatang, survei tersebut juga mengungkapkan bahwa pria sebenarnya punya keinginan untuk merawat kulit, asalkan produk yang digunakan simpel dan efektif membuat kulit sehat serta terlihat tetap maskulin. 

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa