Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Potensi Peralihan dari Pertamax ke Pertalite Cukup Tinggi, Kendaraan Pelat Merah dan BUMN Diminta Tak Konsumsi BBM Bersubsidi

Ruditya Yogi Wardana - Senin, 4 April 2022 | 20:30 WIB
Ilustrasi pom pengisian Pertalite dan Pertamax.
Tribunnews.com
Ilustrasi pom pengisian Pertalite dan Pertamax.

GridOto.com - PT Pertamina (Persero) sudah resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax menjadi Rp 12.500 per liter, terhitung sejak 1 April 2022 lalu.

Walau demikian, untuk BBM subsidi seperti Pertalite justru tidak mengalami perubahan harga alias tetap Rp 7.650 per liter.

Dengan perbedaan harga yang cukup tinggi, jelas memicu adanya pergeseran konsumsi dari Pertamax ke Pertalite yang lebih murah.

Sebagai langkah antisipasi, Pertamina dan Pemerintah Pusat harus berupaya untuk meminimalisir potensi pergeseran yang parah di masa mendatang.

Kepala Ekonom Bank Permata, Josua Pardede, menyebutkan salah satu caranya yakni dengan melarang kendaraan dinas pemerintah maupun BUMN untuk menggunakan BBM subsidi.

Tak cuma itu saja, Pemerintah Pusat dan Pertamina bisa juga menyeleksi kendaraan pribadi mana saja yang diperbolehkan untuk membeli Pertalite.

"Misalnya kendaraan mewah dengan kapasitas mesin tertentu atau merek tertentu dilarang pakai BBM subsidi, pengawasan dari tindak kecurangan juga harus diperketat," jelas Josua, dikutip dari Tribunnews.com.

Menurutnya, keputusan pemerintah untuk tidak menaikkan harga Pertalite sudah bagus demi melindungi daya beli masyarakat.

Mengingat, masyarakat masih punya opsi BBM yang sesuai dengan kantongnya di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Pertamax memang layak dinaikkan harganya, mengingat konsumennnya kebanyakan dari kalangan menengah atas," lanjut Josua.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa