Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemotor Wajib Tahu, Begini Cara Menjaga Ban Off-road Agar Tidak Pecah

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Sabtu, 26 Maret 2022 | 18:00 WIB
Ilustrasi ban off-road
Dok.GridOto
Ilustrasi ban off-road

GridOto.com - Ban menjadi salah satu bagian penting dari kendaraan. Jika ban mengalami masalah, maka segala aktivitas dalam berkendara menjadi berantakan.

Masalah yang sering alami adalah pecah ban, baik itu pecah ban dalam maupun pecah ban luar.

Seperti pada pengendara motor. Bukan hanya ban on-road, ternyata ban off-road yang terlihat lebih tebal juga bisa pecah.

Bicara mengenai pecah ban, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan ban dapat pecah.

Dijelaskan oleh Dwi Ibnu Baskoro, Dept Training Sales PT Sumi Rubber Indonesia, bahwa ban untuk jalan off-road juga dapat pecah dikarenakan beberapa faktor.

Pria yang akrab disapa Ibnu ini mengatakan kalau jalan yang bergelombang pada jalanan off-road juga dapat membuat ban pecah akibat entakan pada ban.

"Kalau bicara ban pecah ya, kalau kita tahu off-road itu ada bumpy, ada area ban di mana ia memiliki entakan yang ditunjang dengan tekanan angin ban, itu bisa setengahnya dari ban on-road," ujar Ibnu kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Dari situ, ada kemungkinan ban bisa pecah jika tidak menjaga tekanan angin.

Khusus untuk ban off-road, harus memiliki tekanan angin yang tidak terlalu tinggi untuk mendapatkan cengkeraman yang lebih baik.

"Jadi tekanan anginnya itu jangan terlalu tinggi khususnya ban off-road untuk mendapatkan cengkeraman, tapi mengesampingkan kekuatan dari ban itu sendiri," katanya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa