Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pertamina Mulai Goyah, Harga Pertamax RON 92 Terancam Naik Jika Minyak Mentah Semakin Tak Terkendali

Dia Saputra - Sabtu, 26 Maret 2022 | 14:45 WIB
Ilustrasi pengisian BBM jenis Pertamax
Istimewa
Ilustrasi pengisian BBM jenis Pertamax

GridOto.com - PT Pertamina (Persero) memberikan sinyal bakal lakukan penyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi mereka, yakni Pertamax RON 92.

Hanya saja tidak dijelaskan rinci mengenai tanggal serta besaran kenaikannya, karena masih dalam tahap koordinasi.

"Kami masih berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk penyesuaian harga Pertamax 92," ujar Irto Ginting, Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga (PPN) selaku Subholding Commercial and Trading Pertamina dikutip dari TribunBisnis.com.

Kenaikan harga BBM dengan RON 92 ini seiring dengan melonjaknya harga minyak dunia, yang saat ini tembus di atas 100 dolar Amerika Serikat per barel.

Jauh di atas asumsi APBN 2022 sebesar 63 dolar Amerika Serikat, atau setara Rp 904.516,20 per barelnya (kurs 1 USD = Rp 14.357,40).

Dengan ICP di atas 100 dolar AS per barel, harga keekonomian Pertamax sesuai hitungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bisa mencapai Rp 16 ribu per liter.

Adapun saat ini Pertamina masih menjual BBM jenis Pertamax ke masyarakat dengan harga Rp 9.000 per liter. 

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementeria ESDM, Agung Pribadi, mengatakan tingginya harga minyak dunia sangat berpengaruh terhadap harga BBM dalam negeri.

"Dengan mempertimbangkan harga minyak pada Maret yang jauh lebih tinggi dibanding Februari 2022, maka harga keekonomian atau batas atas BBM umum RON 92 pada April akan lebih tinggi lagi dari Rp 14.526 per liter (harga keekonomian Maret)," jelasnya.

Baca Juga: Sri Mulyani Pastikan Harga BBM Pertalite Tidak Naik, Bagaimana Dengan Pertamax?

Menurut Agung, harga tersebut merupakan cerminan dari harga keekonomian BBM RON 92 berdasarkan formula harga dasar dalam perhitungan harga jual eceran jenis BBM Umum. 

"Jadi sebagaimana yang telah disampaikan oleh Bapak Menteri ESDM, saat ini kami masih mencermati harga minyak ini," tutur Agung lagi.

"Karena kalau berkepanjangan memang bebannya berat juga baik ke APBN, Pertamina dan sektor lainnya," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pertamina Siap-siap Naikkan Harga Pertamax 92 Jika Harga Minyak Mentah Makin Tak Terkendali

Editor : Muhammad Ermiel Zulfikar
Sumber : TribunBisnis.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa