Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tanpa Radiator, Segini Top Speed dan Akselerasi Suzuki Gixxer 250 SF, Kalah Jauh Dari CBR250RR?

Muhammad Farhan,Antonius Yuliyanto - Senin, 28 Maret 2022 | 09:34 WIB
Mesin Suzuki Gixxer 250 SF, 250 cc 1 silinder SOHC dengan oil cooler
gmcshahdol.org
Mesin Suzuki Gixxer 250 SF, 250 cc 1 silinder SOHC dengan oil cooler

GridOto.com – Pakai sistem pendingin oil cooler alias pendingin oli, segini performa mesin dan top speed yang bisa diraih Suzuki Gixxer 250 SF.

Bicara spek mesin Gixxer terlihat biasa saja, yaitu 249 cc 4 langkah 1 silinder, SOHC 4 katup, injeksi dengan Suzuki Oil Cooling System (SOCS) yang memadukan konsep radiator dan oil cooler.

Mesin dengan piston 76 mm dan langkah 54,9 mm ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 26,2 dk di 7.500 rpm dengan torsi 22,6 Nm di 7.500 rpm.

Tenaga maksimalnya memang terdengar enggak besar, jauh di bawah mesin 250 cc 2 silinder, misal Honda CBR250RR SP yang tembus 40,4 dk.

Tapi, bukan berarti mesin Gixxer tak punya kelebihan. Keunggulannya bukan soal buat kebut-kebutan, tapi lebih pada kenyamanan saat dikendarai harian atau turing.

Menilik hasil tes dyno pakai mesin Dynojet 250i milik Sportisi Motorsport, terlihat jelas jika karakter mesinnya punya torsi yang langsung besar sejak putaran rendah.

Hasil tes dyno Suzuki Gixxer 250 SF
Istimewa
Hasil tes dyno Suzuki Gixxer 250 SF

Makanya terasa selalu responsif, dan keluaran torsinya tampak hampir flat sampai sebelum limiter. Maksimalnya 19,34 Nm di 7.310 rpm.

Mesin Gixxer ini karakternya responsif sejak 3.000 rpm, jadi tak perlu buka gas dalam-dalam sudah terasa berisi dan enteng melaju.

Enaknya tiap buka gas untuk menambah kecepatan, misal saat akan menyalip, mesin langsung merespon dengan sigap, enggak ada drama lemot atau ngok dulu.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa