Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemilik Toyota GR Yaris di Indonesia Cukup Beruntung, Enggak Perlu Recall Seperti di Australia

Muhammad Ermiel Zulfikar - Rabu, 16 Maret 2022 | 19:10 WIB
Toyota GR Yaris.
Aries Aditya
Toyota GR Yaris.

GridOto.com - Belum lama ini Toyota Australia umumkan recall kepada pengguna GR Yaris, untuk segera melakukan perbaikan komponen yang terindikasi alami malfungsi ke dealer terdekat.

Enggak cuma Toyota GR Yaris, kerusakan ini juga berlaku pada Yaris Cross serta C-HR yang diprediksi jumlahnya mencapai belasan ribu unit.

Melasir carexpert.com.au, komponen yang alami malfungsi adalah sensor gelombang milimeter dan kamera yang berfungsi untuk mendeteksi objek kendaraan yang melaju di depannya.

"Sensor radar yang digunakan oleh Sistem Pre-Collision System (PCS) mungkin tidak diinisialisasi dengan benar di kendaraan yang terlibat selama produksi," papar tim Toyota Australia dalam pemberitahuan resminya.

"Akibatnya, PCS mungkin tidak beroperasi tanpa indikator peringatan kepada pengemudi," imbuhnya dikutip dari carexpert.

Lantas, apakah program recall ini juga berlaku di Indonesia?

Tampaknya pemilik Toyota GR Yaris di Indonesia cukup beruntung dan bisa bernapas lega, sebab program recall tersebut tidak berlaku untuk unit yang ada di Tanah Air.

"Kebetulan kami cukup beruntung ya, enggak ada unit yang terkena recall untuk GR Yaris," ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) belum lama ini.

Walaupun Anton tidak menjelaskan secara detail, namun salah satu alasan kenapa recall ini tidak berlaku di Indonesia karena perbedaan batch production dan sudah dikonfirmasi oleh prinsipal.

Baca Juga: PT TAM Recall Belasan Ribu Toyota Raize di Indonesia, Ini Penyebabnya

Sehingga unit yang ada di Indonesia khususnya untuk Toyota GR Yaris, tidak ditemukan adanya indikasi malfungsi sensor dan kamera seperti yang terjadi di Australia.

"Mungkin ada perbedaan dari batch production ya. Saya kurang begitu tahu detailnya, tapi yang pasti untuk unit yang di Indonesia kebetulan enggak ada yang recall," tutup Anton.

Nah kurang lebih begitu sob, enggak perlu khawatir lagi deh.

Editor : Muhammad Ermiel Zulfikar
Sumber : Carexpert.com.au

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa