Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ada Anggaran Rp 32 Milliar, Kemenhub Bakal Sulap Terminal Tipe A Tegal Seperti Bandara

M. Adam Samudra - Rabu, 9 Maret 2022 | 07:40 WIB
Peletakan batu pertama yg dilakukan Dirjen Hubdat Budi Setyadi
Kemenhub
Peletakan batu pertama yg dilakukan Dirjen Hubdat Budi Setyadi

GridOto.com - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan melakukan revitalisasi Terminal Tipe A Tegal dengan alokasi pagu anggaran sebesar Rp 32 miliar.

Angka tersebut bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang direncanakan selesai di bulan Oktober 2022 mendatang.

Di mana sejak tahun 2018 sebanyak 125 Terminal Tipe A di Indonesia telah diserahkan dari Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat yaitu Kementerian Perhubungan.

"Selanjutnya dalam pengelolaannya akan dilakukan revitalisasi untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan umum,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Rabu (9/3/2022).

Menurutnya saat sekarang ini pembangunan Terminal sudah berbeda dari era sebelumnya.

“Dengan memakai skema mixed use dalam pemanfaatannya dapat bekerjasama dengan pihak swasta seperti yang telah dilakukan di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo yakni membangun Convention Center Sport Center, Food Court, maupun Mal Pelayanan Publik yang juga akan dilakukan di Terminal Tipe A Tegal ini,” lanjutnya.

Di samping itu, Budi juga menyoroti “Sekolah Terminal” yang sejak lama terdapat di Terminal Tipe A Tegal.

“Ada spot unik di Terminal Tipe A Tegal yakni terdapat sarana belajar Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Sakila Kerti yang diperuntukkan bagi anak pedagang asongan maupun awak kendaraan yang mencari nafkah di terminal ini. Saya meminta agar nantinya disediakan tempat proses belajar mengajar yang nyaman,” tutur Budi.

Sementara itu Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah X Provinsi Jawa Tengah dan DIY, Eko Agus Susanto dalam laporannya menuturkan.

Baca Juga: Duh, Banyak Mantan Aparat Perhubungan Jadi Calo KIR Palsu, Ini Kata Kemenhub

Ditjen Perhubungan Darat pada masa pandemi Covid-19 tetap berkomitmen dan terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa terminal sejalan dengan program Menteri Perhubungan yaitu Gerakan Nasional Kembali ke Angkutan Umum," bebernya.

Melalui Gerakan ini, Kementerian Perhubungan mengajak masyarakat untuk mengutamakan penggunaan angkutan umum dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

“Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kembali minat menggunakan angkutan umum adalah dengan menyediakan pelayanan yang maksimal khususnya di Terminal Tipe A Tegal ini,” terang Eko.

Pada kesempatan ini, Eko berharap dengan adanya revitalisasi ini dapat memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik kepada pengguna jasa transportasi.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa