Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Formula E Jakarta

Desainer Sirkuit Irawan Sucahyono - Ada Banking di Sirkuit Formula E Jakarta, Bisa Bikin Balapan Makin Seru

Muhammad Rizqi Pradana - Sabtu, 5 Maret 2022 | 20:38 WIB
Hal ini bikin sirkuit Ancol jadi unik dibanding sirkuit Formula E lainnya, bikin balapan makin seru juga lho.
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Hal ini bikin sirkuit Ancol jadi unik dibanding sirkuit Formula E lainnya, bikin balapan makin seru juga lho.

GridOto.com - Sirkuit Formula E Jakarta di Ancol ternyata punya hal yang cukup unik ketimbang sirkuit-sirkuit lain yang menggelar balap mobil listrik tersebut.

Yaitu keberadaan banking atau lintasan yang sengaja dimiringkan di mana bagian terendahnya berada di sisi ‘dalam’ arah tikungan.

Banking ini sendiri terdapat pada tikungan-tikungan di sektor tiga sirkuit Formula E Jakarta, yang tampak seperti ‘kepala kuda lumping’ pada sirkuit yang berada di dalam kawasan Taman Impian jaya Ancol itu.

Keberadaan banking ini menjadi keunikan tersendiri, berkat status sirkuit Formula E Jakarta di Ancol yang unik juga ketimbang sirkuit-sirkuit Formula E lainnya.

“Sirkuit Formula E itu kan mayoritas menggunakan jalan raya, sehingga harus mengikuti alur jalan yang sudah ada juga,” ujar Irawan Sucahyono, desainer sirkuit yang juga membantu proses desain sirkuit Formula E Jakarta kepada GridOto.com, Sabtu (5/3/2022).

“Tapi karena area timur sirkuit ini masih berupa tanah kosong, Formula E Operations (FEO) bisa lebih leluasa mendesain bentuk lintasan sesuai kriteria yang mereka inginkan,” lanjut pria yang memiliki jabatan Vice President of Infrastructure and General Affairs Formula E - Jakpro.

Kriteria-kriteria tersebut meliputi panjang lintasan di antara 2,4 hingga 2,7 kilometer dan keberadaan lintasan lurus yang panjang diikuti tikungan tajam.

Hal tersebut sengaja dibuat untuk membantu regenerasi daya listrik mobil balap Formula E, sekaligus memperbanyak kesempatan untuk melakukan overtake.

Baca Juga: Biar Enggak Mangkrak, Sirkuit Formula E Jakarta di Ancol Juga Bisa Gelar Balapan Lain, Ini Prediksinya

Umumnya FEO melakukan itu dengan menempatkan chicane atau tikungan ‘S’ kecil untuk menambah jumlah tikungan.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa