Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Street Manners - Jangan Sampai Jadi Lane Hogger, Begini Etika Berada di Lajur Kanan Jalan Tol

Muslimin Trisyuliono - Selasa, 1 Maret 2022 | 21:10 WIB
Ilustrasi mengemudi di jalan tol
GridOto.com/Agus Salim
Ilustrasi mengemudi di jalan tol

GridOto.com - Selain batas kecepatan, pemilihan lajur yang sesuai juga diperlukan sebagai kunci keselamatan saat mengemudi di jalan tol.

Adapun lajur kanan untuk mendahului, lajur tengah untuk kendaraan dengan kecepatan statis dan lajur kiri untuk kecepatan yang lebih rendah.

Namun, masih banyak dijumpai pengemudi yang bergerak statis dan betah di lajur kanan hingga menimbulkan kemacetan.

Andry Berlianto, Instruktur Safety Riding & Driving GDDC (Global Defensive Driving Consulting) mengatakan, pengemudi yang betah di lajur kanan dengan kecepatan statis ini sering disebut lane hogger.

"Ini bahaya karena akan mengganggu ritme berkendara kendaraan lain yang ingin mendahului dimana lajur kanan yang diperuntukan mendahului," ujar Andry kepada GridOto.com, Selasa (1/3/2022).

Selain itu, pengguna jalan lain yang tidak sabar dengan perilaku lane hogger ini biasanya akan terpancing mengambil lajur kiri atau bergerak zig-zag untuk menyalip.

Hal tersebut tentunya akan berbahaya dan berpotensi sebagai sumber kecelakaan.

Untuk itu, Andry menjelaskan pengguna jalan tol perlu memperhatikan etika berada di lajur kanan seperti mematuhi batas kecepatan.

"Bila ingin ada di lajur kanan pastikan kecepatan memang lebih tinggi dari lajur sebelah kirinya. Pastikan juga kecepatannya sesuai dengan batas kecepatan yang ada di jalan tol, misal maksimal 100 km/jam," ucap Andry.

Baca Juga: Sering Lihat di Jalan, Sudah Tahu Belum Kalau Truk Tangki Pertamina Bisa Angkut Beberapa Jenis BBM?

Kemudian, bila pengemudi ingin mengurangi kecepatan dari batas maksimal bisa berpindah lajur ke kiri agar tidak mengganggu kendaraan lainnya.

"Jangan berlama-lama di lajur kanan jika terpantau ada kendaraan yang hendak menyusul bisa terlihat dari kaca spion. Jadi segera berpindah lajur," pungkasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa