Rapor Penjualan 10 Merek Mobil Terlaris Januari 2022, Toyota Masih Nyaman di Puncak, Hyundai Depak Nissan

Muhammad Ermiel Zulfikar - Minggu, 27 Februari 2022 | 20:15 WIB
Ilustrasi. Perakitan mobil di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat.
Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi. Perakitan mobil di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat.

GridOto.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) telah merilis data penjualan mobil baru untuk periode Januari 2022 kemarin.

Mengutip data GAIKINDO, penjualan retail mobil baru (dealer ke konsumen) sebanyak 78.568 unit dan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) 84.062 unit selama periode tersebut.

Terjadi penurunan jika dibandingkan pencapaian bulan sebelumnya atau Desember 2021 lalu, yang mana penjualan retail mobil baru tercatat 101.468 unit dan wholesales 96.673 unit.

Namun hasil ini lebih baik jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, mengingat selama Januari 2021 penjualan retail mobil baru hanya sebanyak 53.997 unit dan wholesales 52.909 unit.

Walaupun alami penurunan penjualan jika dibandingkan Desember 2021 lalu, Toyota masih duduki posisi puncak dan jadi merek terlaris selama Januari 2022 kemarin dengan pangsa pasar 29,2 persen.

Merek dengan logo tiga oval ini catatkan penjualan retail sebanyak 22.906 unit, turun sebesar 33,1 persen jika dibandingkan Desember 2021 lalu yang membukukan 34.240 unit.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengatakan bahwa penurunan angka penjualan di awal tahun sudah jadi hal yang umum.

Ditambah masih simpang siurnya kebijakan pemerintah untuk memperpanjang insentif PPnBM mobil baru, buat konsumen memilih untuk menahan pembelian pada Januari 2022 kemarin.

"Jika dibandingkan dengan Desember yang biasanya memang permintaan rata-rata cukup tinggi, relatif mirip dengan tahun-tahun sebelumnya selalu ada penurunan," ujar Anton saat dihubungi GridOto.com beberapa waktu lalu.

"Mungkin ada dampak dari wait and see program pemerintah juga. Untuk lihat secara detailnya mungkin harus tunggu bulan Februari ini ya, lihat apakah ada perubahan atau tidak," imbuhnya.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa