Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Enggak Ada di Buku Panduan, Ini Waktu dan Biaya Penggantian Oli Matic Mazda Biante

Naufal Shafly - Minggu, 20 Februari 2022 | 14:30 WIB
Ilustrasi Mazda Biante 2012
Otomotifnet.com
Ilustrasi Mazda Biante 2012

GridOto.com - Bukan cuma merawat mesin, transmisi matic Mazda Biante juga harus dirawat secara berkala agar performanya tetap baik.

Menurut Agung Rinaldi, Owner bengkel spesialis Mazda, Rayna Motor Depok, secara umum Mazda Biante memiliki transmisi matic yang cukup tangguh.

"Masalah di transmisi enggak ada sih, semua balik lagi ke perawatan. Biasanya matic yang jebol itu karena enggak pernah perawatan. Tapi selama perawatan rajin dan teratur sih pasti enggak ada masalah," ucap Agung saat ditemui GridOto.com, Jumat (18/2/2022).

Uniknya, Agung mengatakan penggantian oli matic Mazda Biante tidak tertera di buku panduan servis.

Sehingga banyak konsumen yang tidak mengganti oli matic mobil mereka, dan berefek pada rusaknya komponen transmisi tersebut.

"Lemahnya Mazda itu perawatan ganti oli matic enggak ada di buku panduan. Saya juga bingung kenapa enggak ada," kata Agung.

Oleh sebab itu, agar performa matic tetap baik Agung menyarankan pemilik Mazda Biante untuk melakukan penggantian oli matic secara berkala tiap kelipatan 20.000 km.

Agung yang merupakan mantan kepala mekanik di salah satu bengkel resmi Mazda ini mengatakan, penggantian oli matic pada kelipatan 20.000 km berguna untuk mencegah adanya kerusakan transmisi.

"Kalau saya kenapa 20.000 km? Karena berdasarkan pengalaman saya, yang ganti tiap 40.000 km aja maticnya rusak saat 80.000 km-90.000 km," jelas Agung.

Baca Juga: Seken Keren - Bahan Pertimbangan Saat Beli Mazda Biante Bekas, Bengkel Spesialis Sebut Komponen Ini Sulit Dicari

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa