Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berkaca dari Kecelakaan Lexus Remuk Seruduk Truk di Tol JORR, Segini Jaga Jarak Aman dengan Kendaraan Besar

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 16 Februari 2022 | 13:55 WIB
Satu unit mobil Lexus RX 300 alami kecelakaan
@tmcpoldametro
Satu unit mobil Lexus RX 300 alami kecelakaan

GridOto.com - Sebuah Lexus RX 300 mengalami kecelakaan lalu lintas di KM 23 Tol JORR Pondok Indah arah Ampera pada pukul 00.30 WIB, Rabu (16/2/2022).

Kecelakaan bermula saat mobil mewah bernomor polisi B 77 APR tidak bisa menjaga jarak, dan akhirnya menabrak bagian belakang truk tronton pengangkut besi.

Akibatnya kendaraan tersebut mengalami kerusakan parah pada bagian depan kiri, namun tidak ada korban jiwa.

Berkaca dari kejadian tersebut, Andry Berlianto, Instruktur Safety Riding & Driving GDDC (Global Defensive Driving Consulting) mengingatkan pentingnya menjaga jarak aman dengan kendaraan besar.

"Penting menjaga jarak untuk memberikan pengemudi sebuah ruang untuk antisipasi terhadap pergerakan kendaraan lain yang berada di depan," ujar Andry kepada GridOto.com, Rabu (16/02/2022).

Apalagi saat berkendara pada malam hari, membuat visibilitas pengemudi menjadi terbatas dan bisa meningkatkan risiko kecelakaan lebih besar.

Ditambah bertemu objek besar seperti truk tronton di depan, menurutnya semakin pengemudi mendekat maka daya jangkau pengelihatan akan semakin sempit.

Truk tronton penangkut besi
@tmcpoldametro
Truk tronton penangkut besi

Baca Juga: Duh! Lexus Seharga Lebih Rp 1 Milliar Ini Ringsek di Tol JORR Pondok Indah, Ini Kronologinya

Oleh karena itu, ia menekankan menjaga jarak aman agar pengemudi mudah merespons terhadap sesuatu yang terjadi pada kendaraan di depan, seperti melambat atau pengereman mendadak.

"Pastikan pengemudi selalu bugar dan selalu membuka ruang jaga jarak selama 2 detik saat situasi normal dan 6 sampai 8 detik di situasi tidak normal seperti jalan licin atau hujan," pungkas Andry.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa