Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Biaya Peremajaan Kaki-kaki Toyota Harrier Relatif Murah, Kecuali untuk Tipe Satu Ini

Naufal Shafly - Minggu, 13 Februari 2022 | 20:56 WIB
Toyota Harrier AIRS 2003
Dok. OTOMOTIF
Toyota Harrier AIRS 2003

GridOto.com - Toyota Harrier generasi kedua hadir di Indonesia pada medio 2003-2013, atau sudah sekitar 19 tahun mengaspal di Tanah Air.

Karena usianya sudah tidak muda lagi, calon konsumen wajib mewaspadai komponen kaki-kakinya.

Menurut Affan Rasyid Baharudin, owner bengkel JM Autoworkz feat Anugerah Motor di Bekasi, secara harga sebenarnya kaki-kaki Toyota Harrier generasi kedua tidak terlalu mahal.

"Kaki-kaki kalau yang 2.400 cc relatif murah ya. Kalau di kami overhaul kaki-kaki dari depan sampai belakang sekitar Rp 8 juta-Rp 10 jutaan. Avanza aja sekitar Rp 6 jutaan, jadi saya rasa bedanya enggak terlalu jauh," ucap Affan kepada GridOto.com, Kamis (10/2/2022).

Ia mengatakan, harga tersebut sudah termasuk penggantian hampir semua komponen kaki-kaki seperti  tie rod, long tie rod, ball joint, link stabilizer, sokbreker depan dan belakang, hingga support sokbreker.

Meski bukan menggunakan komponen original, namun Affan mengatakan part yang digunakan adalah komponen aftermarket dengan kualitas yang cukup baik.

"Itu pakai partnya barang aftermarket, tapi aftermarketnya juga yang rekomen dari kami bukan abal-abal, misalnya merek 555 (triple five)," ucap Affan lagi.

Namun, Affan menyarankan agar konsumen tidak membeli Toyota Harrier varian 3.000 cc AIRS yang di dalamnya sudah terdapat fitur air suspension.

Sebab perawatan air suspension pada mobil tersebut cenderung lebih sulit dan memakan biaya lebih banyak.

Baca Juga: Seken Keren - Masalah Ini Sering Menghantui Toyota Harrier Generasi Kedua, Biaya Perbaikan Sampai Belasan Juta

"Kalau untuk yang tipe 3.000 cc AIRS (air suspension) itu jauh lebih mahal. Ganti sokbreker depan aja bisa Rp 12 jutaan satu set (kanan-kiri), itu baru sokbreker depan doang," kata Affan.

Selain itu, air suspension-nya pun harus selalu diremajakan tiap lima sampai tujuh tahun sekali.

"Makanya kalau ingin membeli Toyota Harrier bekas keluaran tahun 2015 ke bawah, mendingan ambil yang biasa (varian mesin 2.400 cc)," tutupnya.

JM Autoworkz feat Anugerah Motor: Jl Raya Kelurahan Jati Makmur, No 43, Pondok Gede, Bekasi (0812-8311-1198)

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa