Pemilik Mobil Suzuki Harus Tahu, Ini Rekomendasi BBM Menurut Pabrikan, Dari XL7 Hingga Carry Pick Up

Harun Rasyid - Kamis, 27 Januari 2022 | 14:34 WIB
Suzuki XL7
Dok. Suzuki Indomobil Sales
Suzuki XL7

GridOto.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat ini memasarkan mobil penumpang maupun komersial semisal XL7, Ertiga, APV, Ignis, Karimun Wagon R, SX4 S-Cross, hingga Carry Pick Up.

Berbagai model tersebut tentunya memiliki rasio kompresi berbeda yang berpengaruh pada spesifikasi BBM-nya.

Sebab dengan penggunaan jenis BBM yang tepat, performa mesin akan optimal dan tidak merusak komponen di dalam mesin.

"Penggunaan BBM yang sesuai dengan research octane number (RON) akan menghasilkan pembakaran yang baik di ruang mesin, karena itu Suzuki mengimbau agar pengendara menggunakan BBM yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil," ujar Hariadi, Assistant to Service Department Head SIS dalam rilis resminya, Rabu (26/1/2022).

Lalu bagaimana rekomendasi atau anjuran BBM yang sesuai untuk mobil Suzuki?

Pertama untuk BBM RON 90 semisal Pertalite, anjurannya digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 hingga 10:1.

"Kualitas (BBM) yang dimiliki tergolong cukup baik untuk keperluaan sehari-hari dan sebagai kelebihannya BBM RON 90 memiliki harga jual yang terjangkau," kata Hariadi.

Suzuki New Carry Pick Up
Istimewa
Suzuki New Carry Pick Up


Nah, mobil Suzuki yang bisa menggunakan BBM RON 90 menurut pabrikan yaitu New Carry Pick Up dan APV.

Berikutnya untuk BBM RON 92 seperti Pertamax, Shell Super, hingga Vivo Revvo 92 diklaim SIS dapat membuat proses pembakaran mesin lebih sempurna dan dapat membantu membersihkan residu karbon pembakaran di dalam mesin.

Baca Juga: Suzuki Ertiga Hybrid Dikabarkan Segera Meluncur di Indonesia

Sehingga hal ini memberikan performa mesin lebih baik, awet, dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Mobil Suzuki yang dianjurkan menggunakan BBM RON 92 yakni yang memiliki rasio kompresi 10:1 hingga 11:1 seperti Ertiga, XL7, Karimun Wagon R, Ignis, hingga SX4 S-Cross.

Suzuki All New Ertiga di GIIAS 2021.
Dok. SIS
Suzuki All New Ertiga di GIIAS 2021.


Sementara untuk BBM RON 95 semisal Shell V-Power atau Vivo Revvo 95, digunakan untuk rasio kompresi mesin yang lebih tinggi mulai 11:1 sampai 12:1.

BBM RON 95 diklaim SIS dapat mendorong kinerja mesin untuk meraih performa lebih tinggi, efisien, dan dapat mengurangi gesekan guna memperkecil energi yang terbuang akibat panas.

Sehingga efeknya dapat mengurangi keausan komponen mesin.

Sementara untuk BBM R0N 98 semisal Pertamax Turbo menurut SIS cocok untuk mobil dengan rasio kompresi yang lebih tinggi yaitu hingga 13:1.

BBM RON 98 ini juga diklaim SIS untuk memenuhi kebutuhan mesin mobil performa tinggi yang menuntut pembakaran lebih sempurna.

Selain itu, BBM RON 98 dapat memberikan efisiensi dan perlindungan komponen mesin yang dibutuhkan oleh mesin dengan spesifikasi kompresi hingga 13:1.

Namun menurut Hariadi, BBM RON 98 bisa berdampak negatif jika digunakan di kendaraan dengan rasio kompresi rendah.

Baca Juga: Kompresi Mobil Turbo Kok Lebih Kecil dari Tanpa Turbo? Ini Jawabannya

"Apabila digunakan pada mesin berkompresi rendah akan dapat mengakibatkan gejala fuel dilution, di mana BBM tidak terbakar seluruhnya secara sempurna sehingga meninggalkan sisa yang mengakibatkan konsumsi bahan bakar terasa lebih boros," jelasnya.

Karena itu ia menambahkan, pemilihan BBM untuk mobil Suzuki harus disesuaikan dengan kebutuhan mesin agar kondisi kendaraan tetap prima.

"Apabila pengguna Suzuki kurang memahami soal BBM ini, bisa membaca buku petunjuk penggunaan kendaraan maupun berkonsultasi dengan teknisi kami saat sedang servis rutin di bengkel resmi, atau bertanya langsung ke pihak dealer saat awal pembelian,” tutup Hariadi.


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa