Tanpa Insentif PPnBM, Toyota Akui Berdampak Terhadap Penjualan Mobil Barunya Awal Tahun Ini

Muhammad Ermiel Zulfikar - Jumat, 21 Januari 2022 | 18:50 WIB
Ilustrasi. Perakitan mobil di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat.
Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi. Perakitan mobil di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat.

GridOto.com - Terhentinya pemberian insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) dalam beberapa pekan kemarin, diakui PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan dampak terhadap penjualan mobil barunya pada awal 2022 ini.

Mengingat semua mobil baru yang masuk dalam program diskon pajak dari pemerintah tersebut, mengalami lonjakan harga yang terbilang tinggi hingga berhasil membuat market syok.

Ditambah masih simpang siurnya kebijakan pemerintah untuk memperpanjang lagi insentif PPnBM mobil baru, membuat konsumen memilih untuk menahan pembelian.

"Iya ada impak (terhadap penjualan), beberapa konsumen wait and see," ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM saat dihubungi GridOto.com, pada Jumat (21/1/2022).

Saat ditanya mengenai seberapa besar dampak yang diberikan terhadap penjualan Toyota pada awal tahun ini, sayangnya ia masih belum bisa memberikan angka pastinya.

"Saya belum dapat data secara detail," tutur Anton lagi.

Namun Anton optimis penjualan akan kembali pulih, seiring dengan perpanjangan insentif PPnBM untuk mobil baru yang sudah mendapatkan persetujuan dari Presiden.

"Sudah ada sinyal (positif), tapi tetap perlu menunggu aturan detilnya ya," pungkasnya.

Sebagai informasi, pemerintah akhirnya mengumumkan akan memperpanjang lagi program insentif PPnBM dengan skema baru pada 2022 ini.

Baca Juga: Insentif PPnBM Mobil Baru Tak Sebesar Tahun Lalu, Menperin Sebut untuk Kurangi Shock Harga di Masyarakat


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa