Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Akibatnya Kalau Salah Pilih Lampu Buat Panel Instrumen Motor

Muhammad Farhan - Rabu, 12 Januari 2022 | 11:40 WIB
Ilustrasi panel instrumen analog motor
Aziz
Ilustrasi panel instrumen analog motor

GridOto.com – Awas, ternyata salah pilih spesifikasi lampu buat panel instrumen motor bisa merusak.

Sebab, di pasaran tersedia beragam jenis, ukuran dan spesifikasi lampu yang bisa dipasang ke soket lampu panel instrumen.

Kalau main pasang tanpa memperhatikan aspek tadi, dijamin lampu enggak bakal awet dan juga bakal merusak komponen lain di motor.

“Pertama perhatikan dari watt lampu yang dipakai, kalau lebih besar dari lampu bawaan yang diganti berisiko merusak panel instrumen,” ujar Yan Kardiyan, mekanik dari bengkel Ramet Speed yang ada di Ciseeng, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Tips Beli Motor Bekas, Ini Penyebab Jarum Speedometer Naik Turun dan Bergetar

Dengan watt lebih besar, maka lampu akan menghasilkan panas lebih yang membuat komponen plastik di dalam panel instrumen bisa meleleh.

Selain dari segi watt lampu, dimensi lampu pun harus diperhatikan karena jika lebih panjang dikhawatirkan bakal menempel dan juga bikin meleleh akibat panas lampu.

Speedometer orisinal.
Yuka Samudera
Speedometer orisinal.

Hal ini diperparah dengan kondisi panel instrumen motor yang letaknya tertutup rapat sehingga panas lampu terjebak di dalam.

“Mungkin lampu tetap berfungsi, namun efeknya jarum speedometer hingga odometer bisa gagal berfungsi akibat terkena plastik yang meleleh tersebut,” jelasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa