Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Powder Coating Semakin Jadi Tren, Apa Kelebihannya Dibandingkan Cat Biasa?

Mohammad Nurul Hidayah - Selasa, 11 Januari 2022 | 07:30 WIB
Powder coating pada blok CVT motor matic
Surya Painting
Powder coating pada blok CVT motor matic

Gridoto.com - Metode pewarnaan komponen kendaraan dengan powder coating kini semakin menjamur dan menjadi tren di Indonesia.

Yang jadi pertanyaan, sebenarnya apa sih kelebihan metode pewarnaan dengan teknik powder coating jika dibandingkan dengan cat biasa?

Ahmad Zuhdi Arif dari workshop Arif LPX Anodize yang punya spesialis powder coating, sandblash dan anodize kasih penjelasan.

Menurutnya, pewarnaan dengan metode powder coating ini memang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan cat biasa.


"Komponen yang diberi warna dengan powder coating ini lebih awet, tahan panas dan lebih tahan goresan dibandingkan dengan dicat," ujar Arif yang workshopnya di Jl. Pendowo, Turen, Malang, Jawa Timur.

Makanya, pada penggunaannya powder coating ini sering digunakan pada komponen motor yang memiliki suhu tinggi saat bekerja, ataupun rawan terkena benturan.

Repaint bagian cover mesin dengan teknik powder coating
Surya Painting
Repaint bagian cover mesin dengan teknik powder coating

"Contohnya buat mewarnai bagian mesin yang suhu saat bekerjanya tinggi, powder coating ini lebih awet dan tidak mudah terkelupas," tambahnya.

Selain itu, powder coating juga sering diaplikasi pada komponen kaki-kaki motor seperti sokbreker, pelek dan sistem rem yang rawan terkena benturan saat bekerja.


Untuk pengaplikasiannya sendiri berbeda dengan cat yang berbentuk cair dan tinggal semprot ke permukaan media yang akan diberi warna.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa