Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kredit Mobil Jangan Cuma Karena Lapar Mata Pas Ada Duitnya, Kalau Tidak Sesuai Kebutuhan Bisa Susah Sendiri

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Rabu, 5 Januari 2022 | 16:50 WIB
Ilustrasi kredit mobil disetujui lembaga pembiayaan
Seva.id
Ilustrasi kredit mobil disetujui lembaga pembiayaan

GridOto.com - Dewasa ini, antara keinginan dan kebutuhan dalam memiliki kendaraan, hanya sebatas ingin namun belum butuh alias lapar mata saat ada uang.

Jika dipaksakan, maka bisa saja cicilan kendaraan yang sedang berjalan mengalami kredit macet.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), Suwandi Wiratno, kalau ingin tapi belum butuh dan "isi dompet" juga pas-pasan, lebih baik jangan mengambil kredit kendaraan.

"Soalnya kalau nanti pada saat orang tersebut memaksakan diri akan berimbas kepada jumlah uang yang dikelurkan untuk kebutuhan dalam merawart kendaraan," ujar Suwandi saat diskusi bersama GridOto.com beberapa waktu lalu.

Misal, membeli mobil baru dengan promo DP kecil tapi cicilannya besar, perlu diperhatikan jangan sampai jumlah cicilan melampaui 30 persen dari pendapatan tiap bulannya, apalagi kalau dipaksakan sampai mendekati 50 persen.

Padahal kalau bicara soal kendaraan itu tidak hanya murni pada saat membeli kendaraan seperti bayar DP dan cicilan.

Pada waktunya nanti berjalan akan ada perawatan kendaraan seperti ganti oli, harus beli ban, belum bensin, dan biayannya pun tidak murah.

"Itu harus menjadi perhitungan daripada membeli kendaraan tersebut, jadi kalau memang pas-pasan atau sudah mepet kondisi keuangan lebih baik jangan, ditahan dulu keinginannya," katanya.

Untuk itu, Suwandi pun menyarankan untuk memperbesar uang muka, jadi cicilan bisa lebih kecil.

"Nabung dulu, karena kalau semakin besar jumlah uang mukanya maka otomatis jumlah cicilan akan menjadi lebih kecil, nah pada saat itu akan lebih leluasa di dalam membayar cicilannya," jelasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa