Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Street Manners - Jaket Punya Fungsi Penting untuk Kesehatan, Tidak Pakai Saat Naik Motor Siap-siap Begini Efeknya

Wisnu Andebar - Rabu, 29 Desember 2021 | 16:20 WIB
Ilustrasi riding memakai jaket
Dok. Astra Honda Motor
Ilustrasi riding memakai jaket

GridOto.com - Jaket merupakan salah satu perlengkapan safety riding yang memiliki peran penting dalam menunjang keselamatan berkendara.

Jaket sendiri berfungsi untuk melindungi tubuh saat mengendarai motor.

Oleh karena itu, berkendara tanpa menggunakan jaket sangat tidak dianjurkan karena memberikan dampak yang buruk, baik itu dari sisi keselamatan maupun kesehatan.

"Mengendarai motor hanya memakai kaus alias tanpa jaket punya konsekuensi bagi kesehatan, baik dari sisi kulit hingga pernapasan karena paru-paru yang terlampau sering kena terpa angin," kata Andry Berlianto, Praktisi Defensive Riding dan Defensive Driving Indonesia kepada GridOto.com belum lama ini.

Menurutnya, berkendara naik motor tanpa memakai jaket juga berpotensi menyebabkan cedera serius ketika mengalami kecelakaan atau terjatuh dari motor.

"Kaus secara bahan tidak memiliki material yang dapat melindungi kulit dari potensi gesekan yang dapat menyebabkan luka gores, lebam, dan lainnya," terangnya.

Andry menyarankan, ketika berkendara sebaiknya menggunakan jaket agar bagian tubuh terlindungi sempurna, guna meminimalisir terjadinya cedera parah pada tubuh.

"Idealnya tetap kenakan jaket sebagai lapisan pelindung pertama terhadap tubuh, yakni dada, lengan, dan punggung," jelas Andry.

Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Alasan Kenapa Jaket Gunung Tidak Cocok Dipakai Saat Mengendarai Motor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa