Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jasa Marga Sebut 82 Persen Kecelakaan di Jalan Tol Selama 2021 Karena Faktor Pengemudi

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 27 Desember 2021 | 17:05 WIB
Toyota Kijang Super telentang di jalan tol Mojokerto-Jombang gara-gara sopir mengantuk, Senin (25/10/2021).
Tribunjatim.com
Toyota Kijang Super telentang di jalan tol Mojokerto-Jombang gara-gara sopir mengantuk, Senin (25/10/2021).

GridOto.com - Kecelakaan di jalan tol seakan sudah menjadi momok, banyak korban dan nyawa yang melayang akibat peristiwa tersebut.

Apalagi tingginya mobilitas masyarakat selama momen Libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) seperti saat ini, berpotensi terhadap timbulnya kecelakaan.

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya kecelakaan di jalan tol, mulai dari kondisi jalan, kendaraan, hingga human eror atau kelalaian manusia.

Namun bukan karena kondisi jalan maupun kendaraannya, melainkan sebagian besar kecelakaan yang terjadi di jalan tol selama 2021 ini disebabkan oleh faktor pengemudi yang lalai.

Hingga akhir November 2021 lalu, PT Jasa Marga (Persero) mencatat 82 persen faktor penyebab kecelakaan di seluruh ruas jalan tol yang dikelolanya adalah faktor pengemudi.

"Disusul dengan 17 persen faktor kendaraan dan satu persen faktor jalan serta lingkungannya," ujar Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga dalam siaran resminya, Minggu (26/12/2021).

Adapun faktor pengemudi yang menyebabkan kecelakaan tertinggi di jalan tol sepanjang 2021 ini, dikarenakan kurangnya antisipasi dan mengantuk.

"Faktor pengemudi sendiri yang paling mendominasi adalah akibat kurang antisipasi sebesar 52 persen dan akibat mengantuk sebesar 45 persen," imbuhnya.

Baca Juga: Sebanyak 1,4 Juta Kendaraan Sudah Tinggalkan Jabotabek, Ini Rinciannya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa