Dukung Percepatan Kendaraan Listrik, Pertamina Bangun Stasiun Penukaran Baterai di SPBU

Wisnu Andebar - Kamis, 16 Desember 2021 | 18:05 WIB
Pertamina siapkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk motor listrik
Pertamina
Pertamina siapkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk motor listrik

GridOto.com - PT Pertamina Patra Niaga selaku Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), akan menghadirkan pilot komersial Battery Swapping Station (BSS) atau Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk motor listrik.

Dalam mengembangkan SPBKLU ini, Pertamina turut menggandeng Gesits, Electrum (perusahaan patungan Gojek dan TBS), serta brand Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) roda dua asal Taiwan yaitu Gogoro.

Pada tahap awal, Pertamina Patra Niaga rencananya akan membangun SPBKLU di Jakarta yang tersebar di tujuh titik lokasi SPBU Green Energy Station (GES).

Setidaknya ada 500 motor listrik dari mitra Gojek dengan brand Gesits dan Gogoro yang akan mendukung penggunaan SPBKLU tersebut.

Alfian Nasution, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading mengatakan, jika sebelumnya Pertamina Patra Niaga bersama beberapa mitra strategisnya telah mengembangkan charging station untuk mobil listrik.

Kali ini pihaknya komitmen untuk mempercepat ekosistem Electric Vehicle (EV) dengan mengembangkan SPBKLU bersama Electrum, Gesits, dan Gogoro.

“Pertamina Patra Niaga terus berkomitmen mendukung program pemerintah untuk mempercepat transisi energi, khususnya ekosistem EV. Pilot komersial Battery Swapping Station akan dilakukan dalam waktu dekat," kata Alfian dalam keterangan resminya, Kamis (16/12/2021).

Sama seperti charging station, pembangunan SPBKLU ini adalah bentuk antisipasi Pertamina Patra Niaga dalam menghadapi transisi energi motor listrik, yang saat ini sudah hadir dan mulai digunakan masyarakat.

Baca Juga: Libur Akhir Tahun Lewat Tol, Isi BBM Bisa Manfaatkan Pesan-Antar


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa