Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menyoroti Perjalanan Panjang Industri Otomotif di Tanah Air Lewat Sebuah Buku

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Rabu, 15 Desember 2021 | 11:50 WIB
Agus Tjahajana Wirakusumah (kedua dari kiri) meluncurkan buku yang berjudul 'Industri Otomotif Untuk Negeri: Menjadi Pemain Utama Era Mobil Listrik.
Pustaka Kaji
Agus Tjahajana Wirakusumah (kedua dari kiri) meluncurkan buku yang berjudul 'Industri Otomotif Untuk Negeri: Menjadi Pemain Utama Era Mobil Listrik.

GridOto.com - Lama malang melintang di industri otomotif, membuat Agus Tjahajana Wirakusumah untuk melahirkan sebuah buku yang berjudul "Industri Otomotif Untuk Negeri: Menjadi Pemain Utama Era Mobil Listrik".

Perlu diketahui, rekam jejak Agus tercatat lama berkarier di Kemeterian Perindustrian Republik Indonesia dan kini menjadi Staf Khusus Kementerian ESDM Republik Indonesia.

"Ada banyak catatan yang saya kumpulkan selama berkarire, sepertinya sayang jika ditumpuk begitu saja. Oleh karenanya saya rangkum semua lewat buku ini," ujar Agus saat peluncuran bukunya di Dreams Cafe by Honda, Senayan Park, Jakarta dalam keterangan yang diterima GridOto.com, Rabu (15/12/2021).

Dikatakan olehnya, industri otomotif Indonesia telah melalui jalan panjang yang penuh dengan dinamika.

Meski begitu, perjalanan tersebut tidak banyak didokumentasikan dengan lengkap dan baik.

"Harapan saya buku ini bisa menjadi referensi yang utuh dan lengkap tentang industri otomotif yang selama lima dekade telah berkontribusi sangat besar untuk negeri ini," tukas lulusan Industrial System Engineering, University of Florida, Amerika Serikat.

Baca Juga: Tak Mau Kalah dari Imam Darto, Desta Ikut Boyong Jeep Cherokee, Sama-sama Cilong, Bedanya Desta Dapat Hadiah Buku

Baca Juga: Street Manners: Mengapa Buku Manual Tetap Penting dan Tak Tergantikan?

Sebagai informasi, pada buku setebal 455 lembar ini dimulai dari fakta perniagaan mobil di Indonesia yang sudah ada sejak Indonesia masih berada dalam masa pemerintahan kolonial Belanda.

Perdagangan mobil pada era itu mendorong beberapa merek otomotif asal Amerika dan Eropa masuk ke Indonesia dengan mitra para pengusaha lokal.

Pengusaha lokal inilah yang memasarkan mobil asal Amerika dan Eropa dengan perannya sebagai importir.

Jadi tidak heran kalau buku ini juga membahas para tokoh yang menjadi perintis berkembangnya industri otomotif di Indonesia, seperti Hadi Budiman, Sjarnoebi Said, Soebronto Laras, dan William Soeryadjaya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa