Abu Vulkanik dari Erupsi Gunung Semeru Itu Tajam, Kalau Nempel di Bodi Kendaraan, Gini Cara Membersihkannya

Rudy Hansend - Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:54 WIB
Kendaraan yang tertutup abu vulkanik di daerah Sungai Leprak, Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang saat Gunung Semeru erupsi
YouTube/Bang iOne
Kendaraan yang tertutup abu vulkanik di daerah Sungai Leprak, Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang saat Gunung Semeru erupsi

GridOto.com - Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021) sore mengalami erupsi, yang membuat abu vulkanik beterbangan.

Selain bisa mengganggu pandangan dan juga pernapasan, tentu abu itu juga bisa mengotori kendaraan.

Nah, kalau kalian terkena dampak gunung berapi yang erupsi seperti Gunung Semereu saat ini, dan kendaraannya kotor oleh abu, jangan sembarangan membersihkannya ya.

Pasalnya material dari abu vulkanik yang runcing, bisa berpotensi merusak cat kendaraan.

Hal tersebut seperti yang pernah dijelaskan oleh Oki Setiawan, head of the workshop Daihatsu, Matraman, Jakarta Timur saat dihubungi GridOto.com, Sabtu sore ini.

“Kandungan material pada abu vulkanik mengandung S102 atau pasir kuarsa yang biasa digunakan untuk membuat gelas,” jelasnya 

Untuk membersihkan abu vulkanik, caranya adalah dengan menyemprot kendaraan menggunakan air dengan tekanan yang rendah atau sedang.

Kemudian, gunakan sampo mobil dengan tingkat keasaman sedang (Ph7), untuk menetralisir tingkat keasaman unsur kimia abu vulkanik.

Baca Juga: Detik-detik Lahar Dingin dari Gunung Semeru Seret Isuzu Panther, Warga Histeris Melihatnya!


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa