Jangan Salahkan Kendaraan Besar, Jasa Marga Sebut 81 Persen Kecelakaan di Tol Karena Faktor Ini

M. Adam Samudra - Jumat, 26 November 2021 | 10:30 WIB
Ilustrasi kecelakaan
Ilustrasi kecelakaan

GridOto.com - PT Jasa Marga mengungkapkan bahwa angka kecelakaan terjadi di Jalan Tol akibat faktor kelalaian pengemudi.

Hal itulah yang disampaikan oleh Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur.

“Berdasarkan data yang dihimpun dari ruas jalan tol Jasa Marga Group di tahun 2021 hingga bulan September, 81% faktor penyebab kecelakaan adalah faktor pengemudi," ujar Subakti Syukur, Jum'at (26/11/2021).

Jasa Marga menyebut bahwa masih banyak kendaraan di jalan tol yang melaju dengan kecepatan melebihi kapasitas yang telah ditentukan atau overspeed.

"Jumlah kecelakaan tunggal mencapai 44% dari total kecelakaan. Kami pantau melalui data speed camera Jasamarga Integrated Digital Map, jumlah rata-rata kendaraan over speed setiap harinya mencapai 14.194 Kendaraan,” jelas Subakti.

Hal inilah yang mendorong Jasa Marga untuk terus berupaya melakukan edukasi dan kampanye kepada pengguna jalan, khususnya generasi muda, agar selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan berkendara.

Hal senada dikatakan Director of Training & Campaign Indonesia Road Safety Partnership (IRSP) Eko Reksodipuro.

Menurutnya, minimnya pengetahuan tentang berkendara aman menjadi alasan utama masih banyaknya pengendara yang melaju dengan kecepatan tinggi di jalan tol.

Baca Juga: Mana Helm yang Cocok dengan Gayamu? Inilah Jenis-jenis Helm yang Ada di Pasaran


Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa