Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Mengulik Teknologi Autonomous Driving, Mulai dari Level Otomatisasi hingga Alasan Kehadirannya

Fathia Yasmine - Rabu, 3 November 2021 | 10:59 WIB
Ilustrasi mobil autonomous
Dok. Campaign Video
Ilustrasi mobil autonomous

GridOto.com – Pernahkah kamu membayangkan berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain menggunakan mobil, tetapi tidak sepenuhnya mengendarainya? Mobil hanya perlu diperintah untuk mencapai lokasi tujuan dan akan bergerak dengan sendirinya, sementara pengemudinya tidak memerlukan banyak upaya mengendalikan mobil selama perjalanan.

Gambaran teknologi berkendara yang futuristik tersebut begitu sering muncul di berbagai film bergenre fiksi sains. Kini, perusahaan mobilitas dan teknologi berlomba-lomba untuk mengembangkan konsep self-driving car atau autonomous vehicle (AV) tersebut.

Misalnya saja, Waymo, pengembang aplikasi ride hailing yang meluncurkan taksi tanpa pengemudi pada 2020 di Phoenix, Amerika Serikat. Diberitakan oleh Techcrunch pada Jumat (4/6/2021), Waymo menyediakan layanan taksi tanpa pengemudi bernama Waymo One Drive.

Ada sekitar 300 hingga 400 armada Waymo yang beroperasi di Phoenix, tetapi tidak seluruhnya merupakan self-driving car. Taksi tersebut dapat dipesan melalui aplikasi berbasis Android.

Baca Juga: Video Modifikasi Toyota Raize Paling Kandas Mantap Gaya Street Racing

Mengutip laman Techopedia, self-driving car merupakan mobil yang dapat mengetahui medan dan lingkungan sekitar serta beroperasi dengan sedikit atau tanpa sentuhan manusia. Kendaraan futuristik ini bergerak dengan teknologi artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML).

Kinerja kedua teknologi tersebut ditopang dengan berbagai sensor yang dapat memudahkan sistem komputasi kendaraan untuk mengukur tinggi jalan, mengenali situasi jalan, hingga terkoneksi dengan perangkat pintar lainnya.

Society of Automotive Engineers (SAE) mengeluarkan enam tingkatan otonom kendaraan, mulai dari level 0 hingga 5.

Pertama, level 0 atau tanpa otomatisasi. Level ini merupakan tipe paling dasar. Manusia masih sepenuhnya melakukan kontrol pada kendaraan, mulai dari kemudi, rem, hingga gas.

Baca Juga: Sudah Ada yang Kena, Aturan Bendera Kuning Ganda Dicoba Lagi di F1 Meksiko 2021

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa