Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kredit Mobil dan Motor Baru Adira Finance Meningkat Selama Kuartal Ketiga 2021, Nilainya Tembus Rp 18 triliun

Harun Rasyid - Jumat, 29 Oktober 2021 | 17:10 WIB
Illustrasi mobil baru di dealer
Pradana/GridOto.com
Illustrasi mobil baru di dealer

GridOto.com - Bisnis pembiayaan kendaraan PT Adira Dinamika Multi Finance (Adira Finance) selama kuartal ketiga (Juli-September) 2021 disebut membaik, seiring menurunnya kasus harian Covid-19 di Indonesia.

Selain itu, adanya perpanjangan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) hingga akhir 2021 juga cukup mendorong sektor otomotif dalam negeri yang sedang dilanda pandemi Covid-19.

Enggak heran jika wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) untuk mobil baru selama kuartal ketiga 2021 mengalami pertumbuhan 69 persen, jika dibanding periode yang sama tahun lalu dengan angka 628 ribu unit.

Sementara untuk wholesales motor baru, tumbuh 31 persen dibanding periode yang sama pada 2020 lalu atau sebesar 3,8 juta unit.

“Seiring meningkatnya penjualan di industri otomotif, Adira Finance mencatatkan total pembiayaan baru di kuartal ketiga 2021 sebesar Rp 18,1 triliun atau naik 36 persen ketimbang tahun 2020," ujar Hafid Hadeli, Presiden Direktur Adira finance dalam meeting virtual, Jumat (29/10/2021).

Ilustrasi motor baru di dealer Yamaha
Rudy Hansend
Ilustrasi motor baru di dealer Yamaha


Hafid mengatakan, seluruh sektor juga mengalami kenaikan terutama segmen mobil baru dan motor baru.

"Sementara itu, piutang pembiayaan yang dikelola perusahaan tercatat masih turun sebesar 13 persen dibanding tahun lalu atau senilai Rp 39,9 triliun di September 2021," ucapnya.

Penurunan piutang yang dikelola ini, menurut Hafid disebabkan rundown portfolio yang lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pembiayaan baru.

Baca Juga: Bukan Bikin Pusing Bayar Cicilan, Ternyata Ini Alasan Leasing Kasih Kredit Mobil Baru Maksimal Cuma Lima Tahun

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa