All New Civic RS dan All New City Sedan Sudah Terapkan Skema Pajak Baru, Tapi Kok Harganya Tetap Naik?

Naufal Shafly - Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:00 WIB
All New Honda City Sedan dan Civic RS resmi mengaspal di Indonesia
Tangkap Layar HPM
All New Honda City Sedan dan Civic RS resmi mengaspal di Indonesia

GridOto.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja meluncurkan dua model terbaru mereka yakni All New City Sedan dan All New Civic RS, pada Kamis (28/10/2021).

All New Honda City Sedan dibanderol Rp 355 juta (OTR DKI Jakarta) dan All New Honda Civic RS dijual Rp 567 juta (OTR DKI Jakarta).

Menurut Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, harga yang dipasang tersebut sudah mengikuti regulasi baru sesuai PP nomor 74 tahun 2021.

Buat yang belum tahu, PP nomor 74 tahun 2021 ini berfokus pada penghitungan pajak berbasis emisi gas buang.

Regulasi ini tak lagi menetapkan nilai PPnBM berdasarkan kubikasi mesin dan bentuk bodi, melainkan dihitung dari jumlah emisi gas buang yang dihasilkan serta konsumsi BBM-nya.

Dengan aturan ini, mobil jenis sedan yang sebelumnya dikenakan pajak barang mewah sebesar 15 persen, kini bisa terhindar dari pajak tersebut jika memenuhi standar emisi gas buang dan efisiensi konsumsi BBM yang ditetapkan.

All New Honda City Sedan dan Civic RS resmi mengaspal di Indonesia, sudah bisa dipesan dengan harga Rp 300 dan 500 jutaan.
Tangkap Layar HPM
All New Honda City Sedan dan Civic RS resmi mengaspal di Indonesia, sudah bisa dipesan dengan harga Rp 300 dan 500 jutaan.

Meski dengan skema pajak baru berbasis emisi gas buang, tapi harga All New Honda City Sedan dan All New Honda Civic RS tetap naik jika dibandingkan model sebelumnya.

Untuk City Sedan kenaikan harganya adalah Rp 2,4 juta, sedangkan untuk Civic RS banderolnya lebih tinggi Rp 34 juta.

Lantas, mengapa demikian?

Baca Juga: All New Honda City Sedan dan Civic RS Resmi Mengaspal di Indonesia, Sudah Bisa Dipesan, Berikut Harga dan Tanggal Pengirimannya!


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa