Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sokbreker Depan Motor Juga Perlu Ganti Oli, Segini Waktu Idealnya

Muhammad Farhan - Selasa, 26 Oktober 2021 | 12:40 WIB
Ganti oli sokbreker depan jangan nunggu bocor
DOK. MOTOR PLUS
Ganti oli sokbreker depan jangan nunggu bocor

GridOto.comSokbreker depan di motor ternyata juga perlu ganti oli, segini masa pakai idealnya menurut bengkel spesialis.

Selain kebersihan sokbreker harus dijaga supaya awet lama, di dalam sokbreker terdapat oli yang bisa menurun kualitasnya karena pemakaian.

Jangan tunggu sampai sokbreker rusak, sebaiknya oli sok diganti baru secara berkala setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu.

“Mirip oli mesin, kualitas dan kapasitas oli sokbreker juga bisa mengalami penurunan sehingga bikin kerja sok tidak maksimal,” ungkap Romandono, pemilik bengkel Joko Shock Jaya yang ada di Jl. Kemiri 6 No.30, Pondok Cabe, Tangerang Selatan

Baca Juga: Ubah Motor Trail Jadi Supermoto Bikin Sok Upside Down Rawan Bocor

Nah makanya sokbreker bisa terasa berubah karakternya meskipun enggak terlihat ada kerusakan seperti bocor, kemungkinan karena kondisi oli sok di dalamnya yang berubah.

Contohnya bantingan sok jadi terasa keras, terdengar bunyi jeduk, bahkan bikin tapak ban aus enggak merata karena sokbreker rusak.

Perbandingan oli sokbreker Yamaha dengan Honda
Isal/GridOto.com
Perbandingan oli sokbreker Yamaha dengan Honda

“Sebetulnya semua tergantung kondisi pemakaian motor, namun idealnya bisa ganti oli sokbreker setiap 15 ribu kilometer atau setahun sekali,” jelas Pak De.

Prosesnya oli sok sebelumnya bakal dikuras habis, lalu kembali diisi oli sok baru sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan.

Baca Juga: Honda CBR150R Lama Ingin Pakai Sok Upside Down? Siapkan Dana Segini

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa