Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Solo Sempat Mau Gilas Kompleks Pemakaman di Klaten, Endingnya Begini

Ruditya Yogi Wardana - Minggu, 17 Oktober 2021 | 17:30 WIB
Ilustrasi jalan tol.
Dok. PT Wika Serang Panimbang
Ilustrasi jalan tol.

GridOto.com - Proses pengerjaan Jalan Tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah hampir saja menghadapi masalah.

Mengingat ada satu kompleks makam di Desa Kahuman, Kecamatan Polanharjo yang sempat mau digilas karena dilalui proyek jalan tol Yogyakarta-Solo.

Kepala Desa Kahuman, Ida Andung Prihatin, mengatakan sebagian besar tanah yang dilewati proyek jalan tol ini berupa lahan persawahan.

"Paling banyak sawah. Kalau rumah hanya dua bidang yang ada di ujung barat, itu juga pemiliknya sudah pindah," jelas Ida dikutip dari Tribunjogja.com, Kamis (14/10/2021).

Walau demikian, Ida mengetahui kalau ada satu kompleks pemakaman yang bisa saja tergilas dengan adanya pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo.

Ia pun mengajukan perubahan desain agar konstruksi jalan tol tidak melewati kompleks pemakaman di Desa Kahuman.

Beruntung, usulannya didengarkan oleh tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Tol Yogyakarta-Solo dan pihak-pihak terkait lainnya.

"Satu kompleks makam tadi enggak jadi digilas jalan tol, desainnya digeser sehingga yang kena dua rumah yang tidak jauh dari titik awal," jelasnya.

Baca Juga: Ketambahan Tol Yogyakarta-Solo, Boyolali Bakal Jadi Kabupaten Dengan GT Terbanyak di Soloraya


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa