Street Manners: Pengendara Sampai Pejabat Stop Nyalakan Lampu Hazard Saat Touring dan Konvoi, Efeknya Bisa Celaka Sob

Harun Rasyid - Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:20 WIB
Ilustrasi rombongan touring
Vedhit/GridOto.com
Ilustrasi rombongan touring

GridOto.com - Lampu hazard sebagai lampu isyarat keadaan darurat, kerap disalahgunakan sebagian pengendara saat melaju di cuaca hujan.

Selain itu, lampu hazard juga kadang dinyalakan saat touring maupun konvoi.

Padahal dalam Undang Undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 121 Ayat 1 menyatakan 'Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di Jalan'.

Jadi dalam aturan ini, lampu hazard yang termasuk sebagai lampu isyarat peringatan bahaya dapat digunakan pada kendaraan yang berhenti dalam situasi darurat semisal mogok atau mengalami masalah di jalan.

Ilustrasi Tombol Hazard Mobil
www.autoexpress.co.uk
Ilustrasi Tombol Hazard Mobil


Sony Susmana, Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, penggunaan lampu hazard saat touring dan konvoi sangat tidak disarankan.

"Menyalakan lampu hazard saat touring maupun konvoi adalah tindakan yang salah sekali," ujarnya saat dihubungi GridOto.com, Jumat (15/10/2021).

Sony berujar, menyalakan lampu hazard saat kendaraan beriringan disebabkan oleh berbagai faktor dan mencontoh kebiasaan yang salah.

"Sehingga ini menjadi alasan mereka mengikutinya. Sayangnya tindakan ini tidak dipahami dan dilakukan perbaikan sehingga budaya hazard menyala ketika konvoi menjadi seperti standar bagi mereka," jelas Sony.

Baca Juga: Street Manners - Banyak Yang Salah Kaprah, Ini Bahaya Nyalakan Lampu Hazard Ketika Berkendara Saat Hujan Deras


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa