Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Macet Mulai Terasa, Penerapan Konsep Transit Oriented Development Diklaim Bisa Jadi Solusi

M. Adam Samudra - Senin, 11 Oktober 2021 | 12:20 WIB
Perempatan Cengkareng, Jakarta Barat macet total
Rudy Hansend
Perempatan Cengkareng, Jakarta Barat macet total

GridOto.com - Pemerhati Masalah Transportasi, Budiyanto, menjelaskan sistem Transit Oriented Development (TOD) diklaim bisa menjadi salah satu solusi mereduksi kemacetan.

Menurutnya, pembangunan berorirentasi TOD merupakan sebuah pola pembangunan tata kota yang terintegrasi dengan sistem transportasi, sehingga menciptakan sebuah kota yang efisien.

"Konsep Transit Oriented Development memiliki sebuah tujuan yaitu untuk memberikan sebuah alternatif dan pemecahan masalah kemacetan," kata Budiyanto kepada GridOto.com, Senin (11/10/2021).

Konsep Kawasan TOD mengintegrasikan jaringan transit secara regional, dan melengkapi strategi pengembangan lingkungan yang telah ada di sekitar simpul transit

"Saya menyarankan agar program yang sudah ada tetap berjalan dan lakukan evaluasi, supaya lebih maksimal untuk mengatasi masalah kemacetan dengan mengakselerasikan konsep Transit Oriented Development," tutur Budiyanto lagi.

"Dimana suatu konsep pengembangan kota melalui pendekatan tata ruang campuran dengan memaksimalkan moda transportasi umum," sambungnya.

Budiyanto menambahkan, untuk mewujudkan konsep ini biayanya memang cukup mahal, namun apabila dikaji akan tetap lebih menguntungkan.

"Karena kebutuhan mereka dapat terpenuhi di kawasan tersebut dengan hanya menggunakan sarana Jalan kaki, bersepeda atau transportasi umum apabila mau keluar dari kawasan tersebut," ucapnya.

Baca Juga: Kerap Macet, Pemkab Karawang Usulkan Akses Baru Tol Jakarta-Cikampek di Wilayahnya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa