Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dean Berta Vinales Meninggal, Federasi Siapkan Aturan Baru Untuk Pembalap Muda

Rezki Alif - Rabu, 29 September 2021 | 17:45 WIB
Dean Berta Vinales
WorldSBK.com
Dean Berta Vinales

GridOto.com - Meninggalnya Dean Berta Vinales usai kecelakaan race 1 WorldSSP300 Spanyol 2021, menambah catatan kematian tragis di dunia balap motor.

Dean Berta Vinales mengingatkan seluruh elemen balap motor di dunia, bahwa balap motor masih punya risiko dan tingkat bahaya yang sangat besar.

Sekitar 4 bulan sebelumnya, Hugo Millan yang berusia 14 tahun juga meninggal usai kecelakaan di balapan European Talent Cup di Aragon.

Lalu pada akhir 2019 lalu, Indonesia juga kehilangan talenta mudanya Afridza Munandar, yang terlibat kecelakaan pada ajang Asia Talent Cup Sepang.

Tragedi-tragedi ini pun selayaknya jadi perhatian untuk pemangku jabatan dalam dunia balap ini.

Menyikapi kejadian-kejadian tersebut, Federasi Balap Motor Spanyol (RFME) sudah melakukan kontak dengan FIM dan Dorna Sports.

Hasilnya, akan ada beberapa perubahan aturan di kategori junior ke depannya.

"Kami khawatir. Kami sudah mencoba menghindarkan insiden fatal sejak lama. Kita semua tahu motor adalah olahraga dengan risiko tinggi. Tapi tanpa melhat itu, kami ingin mencoba mengukur semua untuk menghindari insiden dengan tipe-tipe seperti itu," ungkap Presiden RFME, Manuel Casado, seperti dilansir GridOto.com dari Motosan.es.

Baca Juga: Begadang Boleh Saja Kalau Ada Perlunya, Ini Jadwal MotoGP Amerika 2021

Ada beberapa hal yang kini jadi pertimbangan para pemangku kebijakan.

"Kami memikirkan alternatif. Federasi ini dengan kontak dari Dorna dan FIM, mempelajari peluang bertindak dan menyiapkan aturan umur minimal untuk balapan, meskipun kami menghargai pengalaman pembalap lebih penting," jelasnya.

Editor : Dida Argadea
Sumber : Motosan.es

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa