Advertorial

Sangat Dinantikan Fans Sportsbike, apa yang spesial dari Spesifikasi Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660

Nana Triana - Rabu, 29 September 2021 | 10:08 WIB
Tampilan Aprilia Tuono 660 Iridium Grey yang sangat sporty untuk pengalaman berkendara yang premium
Dok. Piaggio Indonesia
Tampilan Aprilia Tuono 660 Iridium Grey yang sangat sporty untuk pengalaman berkendara yang premium

GridOto.com – Untuk menjawab keinginan pencinta motor sport di Tanah Air, PT Piaggio Indonesia meluncurkan dua tipe terbaru dalam seri Aprilia 660, yakni Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660. Kedua motor berkapasitas 660 cc ini meramaikan segmen motor sport dengan mesin menengah.

Untuk para pencinta kecepatan dan adrenalin sudah tentu akan terpikat dengan Aprilia RS 660 yang hadir dengan menjawab kebutuhan motor full fairing.  Desainnya terinspirasi dari superbike RSV4 dengan fairing yang dibuat ganda dan diklaim menambah downforce sehingga motor tetap stabil meski dipacu di kecepatan tinggi.

Sementara itu, Aprilia Tuono 660 merupakan sebuah naked bike bergaya lebih santai yang memberikan kesan rileks dan kasual. Motor ini cocok untuk berkendara sehari-hari maupun touring dengan jarak jauh.

President Director PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega mengatakan, Aprilia 660 series menjawab keinginan konsumen yang mendambakan sensasi balap yang memompa adrenalin.

Baca Juga: Aprilia RS 660, Memiliki Wajah 'Garang' Begini Teaser Videonya!

“Baik Aprilia RS 660 maupun Aprilia Tuono 660 adalah motor sport dengan mesin menengah yang mampu memberikan pengalaman berkendara yang mudah, lincah, dan gesit di berbagai kondisi, baik itu di sirkuit, di dalam kota, atau saat touring, sesuai dengan keinginan pengendara,” ujar Marco Noto La Diega dalam keteragan resmi yang diterima GridOto.com, Senin (27/9/2021).

Berbicara soal performa, Baik Aprilia RS 660 maupun Tuono 660 dibekali mesin 650 cc 2 silinder segaris berpendingin radiator dan oil cooler, DOHC 4 klep, dan 6 percepatan.

Di atas kertas keduanya memiliki torsi maksimal 67 Nm di 8.500 rpm, tetapi Tuono 660 hanya menghasilkan tenaga maksimal 95 dk di 10.500 rpm, sedangkan RS 660 sedikit lebih besar, yaitu 100 dk di rpm yang sama.

Untuk menunjang kenyamanan berkendara dan saat bermanuver, keduanya dibekali suspensi depan up-side down (USD) Kayaba dengan diameter 41 mm. Sementara untuk suspensi belakang, keduanya mengandalkan monosok yang menempel pada asymmetric aluminium swing arm.

Baca Juga: Ini Beberapa Hal yang Jadi Penyebab Rantai Motor Cepat Melar

Tidak hanya itu, di sektor pengereman, baik Aprilia RS 660 maupun Tuono 660 sudah menggunakan cakram berdiameter 320 mm ganda dengan kaliper Brembo 4 piston radial. Untuk rem belakang, keduanya disematkan cakram berukuran 320 mm dengan kaliper Brembo 2 piston. Supaya meningkatkan keselamatan saat berkendara keduanya juga telah memiliki fitur Anti-lock Braking System (ABS).


Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa