Miris! Usia Produktif Dominasi Angka Kecelakaan Lalu Lintas, Pemerintah Dianggap Lalai? Pakar Transportasi Kritik Begini

Harun Rasyid - Senin, 27 September 2021 | 07:22 WIB
Foto ilustrasi kecelakaan motor
dok. Tribun Timur
Foto ilustrasi kecelakaan motor

GridOto.com - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyatakan, angka kecelakaan lalu lintas terbanyak dialami oleh kalangan pelajar di usia 20 sampai 24 tahun.

Sementara pada peringkat kedua, data MTI menunjukan bahwa kecelakaan lalu lintas dialami oleh usia 15 sampai 19 tahun.

Selain itu berdasarkan catatan Kementerian Perhubungan sejak 2016-2020, pelajar juga jadi korban kecelakaan lalu lintas paling banyak di Indonesia yang didominasi oleh jenis kendaraan roda dua (motor) sebanyak 74,54 persen.

Melihat persentase kecelakaan lalu lintas dari kaum muda ini, Djoko Setijowarno selaku Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI menyebut, pemerintah musti fokus memperhatikan masalah di kelompok usia produktif ini.

"Pemda (Pemerintah Daerah) harus peduli keselamatan. Program keselamatan tidak hanya dilakukan pemerintah pusat, namun pemda juga wajib menganggarkan," ujarnya dalam keterangan resmi MTI beberapa waktu lalu.

Menurut Djoko, sekarang ini Dinas Perhubungan (Dishub) di kabupaten atau kota masih berkonsentrasi dalam menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) lewat aktivitas parkir, KIR dan terminal.

"Padahal sesungguhnya, Dishub itu fokus pada program keselamatan dan pelayanan seperti keselamatan transportasi untuk semua usia di semua sektor," ungkapnya.

"Kemudian memberikan pelayanan di bidang penyediaan transportasi umum, jalur sepeda dan fasilitas bagi pejalan kaki yang humanis," sambung Djoko.

Baca Juga: Ngeri! Kecelakaan Lalin Terbanyak Masih Menimpa Usia SMP-SMA, Ini Kata Pengamat


Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa