Tren Upgrade Lampu HID di Motor Bergeser Jadi Lampu LED, Ini Sebabnya

Muhammad Farhan - Senin, 20 September 2021 | 12:40 WIB
Ilustrasi lampu LED
Ilustrasi lampu LED

GridOto.com – Tren upgrade lampu HID di motor yang sempat populer beberapa tahun lalu kini bergeser jadi lampu LED, inilah sebabnya.

Tentu ada alasannya kenapa lampu HID (high intensity discharge) sudah mulai ditinggalkan sebagai opsi upgrade untuk pencahayaan di motor.

Bukan soal lampu HID kurang terang, tetapi lampu LED kini jadi favorit karena memiliki banyak kelebihan.

“Persoalan utama kenapa kini lampu LED jadi pilihan upgrade di motor karena konsumsi daya listrik yang lebih hemat dengan hasil sinar yang bisa setara lampu HID,” jelas Agus, teknisi dari Workshop W9, Jelambar, Jakarta Barat.

Baca Juga: Ini Dua Penyebab Mika Lampu Motor Mendadak Meleleh

Selain itu, lampu HID juga butuh ruang tambahan di motor untuk menyimpan perangkat ballast yang fungsinya sebagai pengumpul arus listrik.

Nah karena dua hal tersebut, hasilnya secara pemasangan pun akan lebih rumit dan perlu modifikasi juga pada sektor kelistrikan motor supaya sanggup pakai lampu HID.

Lampu HID
Istimewa
Lampu HID

“Sedangkan lampu LED hanya ada adapter yang ukurannya ringkas, konsumsi daya listrik kecil dan sinar cahaya setara HID,” lengkapnya.

Lampu LED juga bisa langsung menyala terang secara instan, berbeda dengan lampu HID yang perlu proses sebelum bisa terang maksimal.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Atasi Lampu Rem Yamaha NMAX Sering Putus


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa