Selain Meningkatkan Angka Oktan Bensin, Ini Manfaat Octane Booster

Muhammad Farhan - Jumat, 20 Agustus 2021 | 18:40 WIB
Ilustrasi addtif bensin octane booster
Farhan
Ilustrasi addtif bensin octane booster

GridOto.com – Selain dapat meningkatkan angka atau nilai oktan dalam bensin, inilah manfaat yang bisa didapat saat pakai octane booster.

Secara umum, octane booster terdiri dari zat additif yang digunakan dengan cara dicampur dengan bensin di tangki bensin.

Enggak hanya berguna dipakai jadi alternatif saat kesulitan menemui bensin oktan tinggi, octane booster juga punya fungsi lain.

“Umumnya di dalam octane booster juga ada kandungan pembersih kerak ruang bakar. Hasilnya bisa membuat mesin jadi terasa lebih responsif,” terang Chandra, pemilik toko oli Sentra Otomotif, Jl. Prof. Dr. Latumeten No.17 D, Jelambar, Jakarta Barat.

Baca Juga: Motor Injeksi Kehabisan Bensin di Jalan? Jangan Panik dan Lakukan Ini

“Karena ruang bakar lebih bersih, konsumsi bensin juga bisa sedikit membaik sehingga terasa jadi irit namun tetap bertenaga,” jelasnya.

Selain itu, penggunaan cairan berupa zat additif tersebut juga bisa mengatasi persoalan ngelitik atau knocking yang terjadi di mesin.

Ilustrasi bensin eceran dengan kadar oktan rendah
tribunnews.com
Ilustrasi bensin eceran dengan kadar oktan rendah

Masalah knocking terjadi karena proses pembakaran yang tidak sempurna di mesin, bisa disebabkan karena pakai bensin dengan oktan yang lebih rendah dari anjuran.

Dengan pakai octane booster bisa mengurangi efek knocking karena angka oktan di bensin meningkat dan mencegah terjadinya pembakaran terlalu dini di mesin.

Baca Juga: Begini Ciri Filter Fuel Pump Motor Injeksi yang Harus Diganti Baru


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa