Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Potensi Rem Bermasalah, BMW Umumkan Recall Untuk Toyota GR Supra

Rayhansyah Haikal Wishnumurti - Kamis, 12 Agustus 2021 | 18:00 WIB
Ilustras New GR Supra
Istimewa
Ilustras New GR Supra

GridOto.com - BMW North America telah umumkan recall untuk beberapa model mobil buatannya termasuk Toyota GR Supra karena berpotensi ada masalah pada rem (10/8).

Melansir dari Road & Track dan Carscoops, recall yang diumumkan 2 Agustus tersebut mencakup sekitar 50.000 unit mobil BMW serta Toyota Supra yang diproduksi 2019-2021.

Selain Toyota GR Supra, recall tersebut ditujukan pada pemilik BMW M340i, M340i xDrive, 540i, 540i xDrive, X3 M40i, X4 M40i, 745Le xDrive, dan Z4 M40i.

Mengutip dari dokumen recall National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), recall ini bertujuan untuk memperbaiki Engine Management Software (EMS) bermasalah.

EMS bermasalah ini dapat menyebabkan kerusakan pada pompa oli atau pompa vakum yang berfungsi menyuplai vakum untuk sistem pengereman.

Toyota GR Supra Pro
Rizky
Toyota GR Supra Pro

Baca Juga: Masalah Kebakaran, GM Recall Teknologi Mobil Listrik Chevrolet Bolt EV

Kerusakan pada komponen tersebut mengakibatkan mobil akan lebih sulit direm karena tidak adanya sistem brake assist.

Disebutkan oleh BMW, efeknya adalah jarak pengereman yang semakin jauh dan meningkatnya risiko kecelakaan.

Kerusakan pada pompa oli atau vakum dapat terjadi saat mobil dihidupkan pada beberapa kondisi khusus yang akan memicu masalah pada EMS.

Kondisi khusus tersebut adalah ketika pengemudi memencet tombol Start/Stop dua kali dalam waktu yang cepat atau menekan pedal rem secara singkat saat menekan tombol Start/Stop.

Maka dari itu, BMW dan Toyota menyiapkan solusi berupa update EMS yang akan diberikan kepada pemilik mobil secara gratis.

Dealer di Amerika Serikat juga telah diinformasikan oleh Toyota untuk tidak menjual GR Supra yang ada di inventaris dealer sampai setelah EMS bermasalah tersebut diperbaiki.

Editor : Trybowo Laksono

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa