Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tambah Cairan Coolant di Motor, Isi ke Radiator atau Tabung Reservoir?

Muhammad Farhan - Kamis, 15 Juli 2021 | 07:30 WIB
ilustrasi mengisi coolant langsung di radiator motor
Youtube.com/Irfan Abdul Hamid
ilustrasi mengisi coolant langsung di radiator motor

GridOto.com – Tambah cairan coolant di mesin motor, apakah sebaiknya langsung diisi ke radiator atau lewat tabung reservoir?

Pastinya banyak yang penasaran dan ingin tahu manakah yang benar dan lebih baik supaya sistem pendinginan mesin motor tetap terjaga.

Nah menurut mekanik bengkel resmi, hal ini tergantung dari motornya apakah masih kondisi baru turun dari dealer atau sudah dipakai sebelumnya.

“Pastinya sebelum ditambahkan cairan radiator coolant, perlu periksa dulu apakah memang isinya kurang karena motornya baru, atau berkurang karena pemakaian,” jelas Anggi Rizky, kepala mekanik AHASS Honda Wahana Ciputat, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Kapan Air Radiator Motor Harus Dicek dan Diganti? Ini Anjuran Bengkel Resmi

Untuk kondisi motor baru turun dari dealer, jika kapasitas oil cooler kurang, pengisian cairan coolant sebaiknya dilakukan langsung di tutup radiator.

“Caranya dengan memanaskan mesin motor dulu sampai kipas radiator berputar, matikan mesin lalu diamkan sejenak sebelum buka tutup radiator,” lengkapnya.

Ilustrasi mengisi radiator coolant lewat tabung reservoir
Istimewa
Ilustrasi mengisi radiator coolant lewat tabung reservoir

Setelahnya barulah isi cairan coolant sampai penuh, lalu periksa tabung reservoir dan tambahkan hingga batas maksimal (upper).

“Namun kalau motor kondisi sudah dipakai atau penambahan periodik, bisa tinggal langsung isi ke tabung reservoir,” tambah Rizky.

Baca Juga: Slang Kecil Ini Bisa Jadi Penyebab Air Radiator Motor Cepat Habis

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa