Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Ford Focus Generasi Ketiga Punya Dua Varian Mesin, Bengkel Spesialis Beri Saran Biar Enggak Bingung

Harun Rasyid - Minggu, 4 Juli 2021 | 20:13 WIB
Ilustrasi Ford Focus generasi ketiga
GridOto.com
Ilustrasi Ford Focus generasi ketiga

GridOto.com - Mobil bekas Ford Focus tahun 2012 sampai 2015, kini bisa dipinang dengan budget Rp 110 juta hingga Rp 180 jutaan tergantung kondisinya.

Selain harganya menarik untuk mobil bekas dengan usia yang relatif muda, desain Ford Focus generasi ketiga juga masih tampak sporty dan keren.

Namun saat mengincar unit bekasnya, calon pemilik akan menemui varian mesin 1.600 cc empat silinder Duratec Ti-VCT Inline dan 2.000 cc empat silinder berteknologi Duratec Ti-VCT GDi Inline.

Biar enggak bingung, Ruhimat selalu Kepala Teknisi dari bengkel spesialis Ford Mastercars.id di Jakarta Selatan, coba menjelaskan beberapa perbedaannya.

Baca Juga: Seken Keren - Cara Jitu Merawat Ford Focus Generasi Ketiga, Segini Biaya Servisnya di Bengkel Spesialis

"Kalau disuruh pilih, saya mending beli yang 2.000 cc karena tenaganya unggul dan enggak tanggung dibanding 1.600 cc. Selain itu varian 1.600 cc mesinnya sama kayak Ford Fiesta dan jadi tipe bawahnya dibanding yang 2.000 cc," ujarnya kepada GridOto.com, Jumat (2/7/2021).

"Tapi kedua mesin tersebut sama-sama bandel kok asal perawatannya rutin. Selain itu varian 2.000 cc itu lebih canggih, karena beda di fitur dan jumlah modul elektroniknya lebih banyak," lanjut Ruhimat.

Ilustrasi mesin Ford Focus generasi ketiga
Cars.usnews.com
Ilustrasi mesin Ford Focus generasi ketiga


Ia menyebut, kemudi Ford Focus MK3 bermesin 1.600 cc memiliki kekurangan sekaligus kelebihan ketimbang varian 2.000 cc.

"Focus generasi ketiga 1.600 cc itu masih pakai power steering konvensional yang mengandalkan minyak, jadi agak berat. Sementara varian 2.000 cc sudah EPS (Electronic Power Steering, jadi dia lebih ringan bantingan stirnya," sebut Ruhimat.

Baca Juga: Seken Keren - Ford Focus Generasi Ketiga Miliki Bagian Sensitif Terhadap Air, Cuci Mobil Enggak Bisa Sembarangan

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa